Sandiaga Uno Bakal Buka Koridor Bebas Covid-19 di Kawasan Puncak

by -

METROPOLITAN.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif, Sandiaga Salahudin Uno berencana membuka koridor bebas Covid-19 alias Free Covid Corridor (FCC) bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, sepanjang angka Covid-19 bisa terus ditekan dan kepatuhan masyarakat terkait Protokol kesehatan (Prokes) berjalan dengan baik. Hal itu dikatakan Sandiaga Uno, disela-sela kunjungannya ke Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua sebagai desa wisata.

 

” Kita akan jajaki, tentunya dengan dukungan dari Provinsi Jawa Barat. Yang terpenting adalah angka Covid-19 harus ditekan,” ujar kepada Metropolitan, Rabu (10/03/2021).

 

Nantinya, Sandiaga Uno menambahkan, bilamana angka Covid-19 sudah turun akan dikaji konsep zona hijau untuk pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di kawasan puncak. Ia juga menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif sudah menetapkan desa wisata sebagai program unggulan karena pesona alam maupun budaya ada di desa wisata.

 

” Desa wisata menjadi program unggulan kementerian, dan program UMKM ekonomi kreatif harus ditingkatkan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Camat Cisarua, Deni Humaedi menuturkan, dari 16 penerima piagam dari kementerian pariwisata satu-satunya yang mewakili Kabupaten Bogor dan Jawa Barat yakni Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua.

 

” Nantinya desa wisata akan dikembangkan bukan hanya wisata alam tapi tarian jaipong dan wisata pertanian,” kata Camat.

 

Berbagai bantuan dari kementerian pariwisata, tambah Camat, untuk desa wisata telah bisa diterima manfaatnya bagi para pengelola desa wisata yang disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor misalkan bantuan gerobak atau stand yang ada dilokasi objek desa wisata.

 

” Bantuan dari kementerian untuk desa wisata tentu ada, dan penyalurannya jelas melalui Pemkab Bogor meskipun berupa barang,” pungkasnya. (wan/b/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *