Siap-siap! Warga Jakarta Terima BST Bulan Ini

by -

METROPOLITAN – Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta tengah melakukan pemutakhi­ran data untuk memastikan proses distribusi Bantuan So­sial Tunai (BST) berjalan lan­car dan tepat sasaran. Hal tersebut dilakukan karena adanya perubahan data yang disesuaikan kembali dengan kategori penerima BST. Di antaranya seperti adanya pe­nerima manfaat yang mening­gal dunia, pindah atau peru­bahan status perkawinan.

Kepala Dinsos DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan, pemutakhiran data tersebut dilakukan berdasarkan usulan penghapusan dan pengusulan baru dari RT/RW melalui Fo­rum Musyawarah Kelurahan yang dilaksanakan pada Fe­bruari. Adanya perubahan data itu yang membuat pen­cairan BST tahap 2 baru bisa dilakukan pada Maret, disusul pencairan tahap 3.

“Untuk BST tahap 2 ini dana akan ditransfer ke rekening penerima manfaat pada ming­gu kedua Maret 2021 secara serentak. Kecuali untuk usulan baru yang membutuhkan pro­ses cetak buku dan kartu ATM Bansos,” kata Premi. ”Sedang­kan untuk pencairan tahap 3 akan dilakukan akhir Maret setelah penyelesaian transfer dana tahap 2. Insya Allah tidak bergeser waktunya,” sambung­nya.

Baca Juga  Alhamdulillah... BST Tahap Empat Cair

Ada beberapa hal yang men­jadi penilaian bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak dapat melanjutkan BST Covid-19/2021, yakni apabila: menyalahgunakan kartu BST terdapat perubahan hasil mu­syawarah kelurahan dan ve­rifikasi lapangan oleh petugas wilayah, duplikasi dengan penerima bantuan sosial PKH dan BPNT. Selain itu, pene­rima sudah pindah/meninggal/tidak lagi masuk ke DTKS.

Premi melanjutkan, warga penerima manfaat dari usulan baru hasil musyawarah kelu­rahan adalah hasil dari eva­luasi BST tahap 1 dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan sosial. Penerima man­faat usulan baru tersebut akan memperoleh bantuan Maret 2021 dengan penjadwalan un­dangan pendistribusian kartu BST yang dibagikan Bank DKI.

“Kemudian bagi penerima BST yang tidak dapat hadir dan tidak diwakilkan, maka akan diundang kembali pada un­dangan ke-2 hingga ke-3 untuk mengambil kartu rekening BST sesuai jadwal yang sudah di­tentukan,” ujarnya. (rep/els/py)

Baca Juga  Digoyang Kabar Nyunat Duit Bansos, Lurah Ciluar Bilang Begini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *