Ada Wacana Dispensasi, Ribuan Santri di Bogor Ngarep Bisa Mudik Lebaran

by -
ILUSTRASI (Foto : Sandika /metropolitan)

METROPOLITAN.id – Wacana pemberian dispensasi kepada para santri agar diperbolehkan mudik lebaran mendapatkan respon positif dari para santri yang ada di Kota Bogor.

Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bogor, H. Baidowi mengungkapkan, para santri yang ada di Kota Bogor memang sudah meminta agar diperbolehkan pulang ke rumah.

“Memang santri-santri sudah meminta untuk diperbolehkan pulang dan wacana ini dinanti oleh para santri,” katanya kepada Metropolitan.id, Minggu (25/4).

Lebih lanjut, H. Baidowi mengungkapkan bahwa saat ini para santri yang ada di Kota Bogor masih menjalani proses pembelajaran dan pengajian seperti biasanya.

Namun jika melihat kalender pembelajaran, sepekan jelang lebaran memang agenda bagi para santri untuk pulang ke rumah.

Baca Juga  Meski Lenggang Petugas Tetap Disiagakan

“Biasanya begini, santri biasanya selama Ramadan masih di pondok. Baik yang masih rutin dengan jadwal pengajiannya dan belajarnya. Setelah itu, kalau dalam keadaan normal, sebelum Idul Fitri, ya pulang,” jelas H. Baidowi.

Dengan kondisi saat ini, ia mengaku masih menunggu kepastian keputusan pemerintah apakah akan diberikan izin untuk mudik atau tidak. Sebab ia mengaku tidak mau membahayakan para santri yang rentan terpapar Covid-19 jika pulang sebelum diberikan ketentuan oleh pemerintah.

“Kita semua pesantren akan mengikuti keputusan pemerintah karena kita juga tidak mau ambil resiko dengan keadaan sekarang,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang tercatat di FKPP, jumlah pondok pesantren di Kota Bogor ada 142 pondok dengan jumlah kurang lebih 6.000 orang santri.

Baca Juga  Ratusan Anggota Satpol PP Digojlok di Gunung Mas

Baidowi pun menjelaskan semua santri yang ada hingga saat ini masih berada di pondoknya masing-masing.

Namun jika berkaca pada tahun lalu, hanya sekitar 20 persen santri saja yang pulang ke rumah.

Belum lama ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggulirkan wacana untuk memfasilitasi para santri agar bisa mudik lebaran di tengah aturan peniadaan mudik Ramadan 2021. (dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.