Anies Pastikan Stok Pangan Terjaga selama Ramadan

by -66 views

METROPOLITAN – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan in­flasi dan kebutuhan pangan selama Ramadan 1441 Hijriah terjaga. Hal itu disampaikan saat memimpin pertemuan tingkat tinggi Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta serta Badan Usaha Milik Dae­rah (BUMD) terkait di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, kema­rin. “Kami akan antisipasi (in­flasi) jelang Ramadan, di mana dari tahun ke tahun kami me­nemukan situasi yang hampir sama. Kami harus siapkan agar masyarakat mendapatkan ke­pastian, khususnya pasokan kebutuhan pokok yang berjalan lancar, sehingga permintaan terjaga dan harga stabil serta terjangkau,” kata Anies.

Berdasarkan data dari TPID Provinsi DKI Jakarta, inflasi di Provinsi DKI Jakarta relatif ter­jaga dan lebih rendah diban­dingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tercatat, inflasi Jakarta sebesar 0,06 per­sen (mtm) atau sebesar 1,11 persen (yoy) pada Maret 2021. Secara kumulatif, inflasi Ja­karta sampai dengan Maret 2021 tercatat sebesar 0,38 per­sen (ytd) lebih rendah dari periode yang sama pada 2020 yaitu 0,85 persen (ytd).

Baca Juga  Anies Kritik Penggunaan Suket di Pilkada

Sementara berdasarkan pa­paran dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) be­serta BUMD pangan, dipastikan pasokan jelang Ramadan aman. Apabila pasokan bahan pokok aman, maka permintaan akan terjaga bahkan meningkat, se­hingga akan menggerakkan perekonomian. “Dari paparan Bapak dan Ibu, secara kesiapan, kita siap dan stoknya aman. Perlu kita garisbawahi adalah menggerakkan perekonomian dengan menjaga permintaan dari kosumsi rumah tangga. Bila kosumsi rumah tangga bergerak, maka akan berdam­pak besar pada rute menuju pemulihan dari pandemi,” tu­turnya. (trt/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *