Astagfirullah, Sekda Nyaris Ketabrak Bocah yang Balapan Liar

by -
Petugas saat menindak kegiatan balap liar di Jalan Bomang. (foto:ist)

METROPOLITAN – Nasib nahas rupanya pernah dial­ami Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burha­nudin, saat melintasi Jalan Raya Bojonggede-Kemang (Bomang). Ia nyaris tertabrak oleh sekelompok remaja yang tengah asyik balapan liar di jalan tersebut.

Burhanudin pun meminta para remaja itu tidak meng­gunakan jalur lambat Bojonggede-Kemang sebagai arena balap liar. Sarana yang dibangun pemerintah itu fungsinya untuk mempermudah masyarakat beraktivitass, bukan malah merugikan banyak pihak.

”Jalur lambat Bomang itu dibangun untuk sarana trans­portasi masyarakat. Saya minta kepada masyarakat terutama anak-anak muda, tolong itu tidak dijadikan arena balapan. Bukan hanya tidak pada fungsinya, karena itu juga rawan terjadi ke­celakaan,” ujarnya.

Burhanudin menjelaskan bahwa dia pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan saat melintas di jalur tersebut. ”Itu bisa mencelakai orang lain juga ketika orang lewat. Saya juga pernah ketika bawa mobil hampir ketabrak me­reka yang lagi balapan,” be­bernya.

Baca Juga  Baru Dibangun, Jalan Bomang Dipakai Balapan Liar

Ia pun meminta aparat se­tempat bersinergi untuk me­nertibkan aksi balap liar yang dilakukan di jalur tersebut. ”Saya minta kepada aparat setempat, itu kan ada tiga kecamatan di sana, Bojong­gede, Tajurhalang dan Kemang. Itu saja,” tuturnya.

Sebelumnya, anggota Ko­misi III DPRD Kabupaten Bogor, Nurodin, menilai me­gaproyek itu mubazir. ”Me­gaproyek mubazir itu kan. Kita sudah beberapa kali lihat ke sana. Bomang ini ngeri kalau dibiarkan seperti itu, apalagi balap-balap ini bisa menimbulkan bahaya,” kata Nurodin kepada Metropolitan.

Terkendalanya pembangu­nan karena pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, menurut Nurodin, seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor tetap mempriori­taskan proyek-proyek strate­gis seperti pembangunan Jalan Bomang. Meski begitu, ia sendiri belum mengetahui secara rinci apakah anggaran pembangunan Jalan Bomang kembali dianggarkan tahun ini.

Baca Juga  Baru Dibangun, Jalan Bomang Dipakai Balapan Liar

”Tahun lalu kan sudah di­alokasikan. Nah, tahun ini dalam Rancangan APBD itu masuk, kalau yang saya lihat saat KUA-PPAS. Tapi dalam APBD 2021 ini belum tahu dianggarkan lagi apa nggak. Sebab, kita kesulitan melihat program dalam APBD 2021,” paparnya.

Berdasarkan data yang di­terima Metropolitan, ang­garan belanja Dinas Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor dalam APBD 2021 sebesar Rp870 miliar. Lalu untuk program penyeleng­garaan jalan kabupaten/kota, Dinas PUPR Kabupaten Bogor mengalokasikan ang­garan belanja sebesar Rp587 miliar. Namun tidak ada rincian untuk pembangunan Jalan Bomang. (tib/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.