Asyik! Kota Bogor bakal Punya Rute Gowes Baru

by -
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat bersepeda beberapa waktu lalu. (FOTO : Dokumentasi Prokompim Kota Bogor)

Banyaknya masyarakat yang memiliki hobi bersepeda, rupanya menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Bahkan, dalam waktu dekat pemkot berencana menambah ruas gowes jalur khusus bagi pesepeda. Ruas tersebut bakal dibangun di sepanjang Jalan Pajajaran.

SEKRETARIS Badan Peren­canaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudi Mashudi, mengungkapkan, pembangunan jalur khusus pesepeda di sepanjang Jalan Pajajaran akan mulai diker­jakan bulan ini, setelah pem­kot menggelar pertemuan dan pengecekan lapangan dengan Badan Pengelola Transpor­tasi Jabodetabek (BPTJ).

Rudi menambahkan, ren­cananya jalur tersebut akan dimulai dari titik Plaza Jambu Dua hingga Terminal Ba­ranangsiang. “Lalu, jalur khu­sus sepeda itu menyambung hingga Lippo Ekalokasari di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor,” katanya.

Menurutnya, pembangunan ini bukan tanpa alasan. Ting­kat pengguna sepeda di Kota Bogor sendiri mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19. Sehingga nantinya pesepeda tak hanya berputar di sekitaran Kebun Raya Bo­gor (KRB). Sebab, sejauh ini jalur khusus pesepeda hanya berada di jalur seputaran KRB atau Sistem Satu Arah (SSA).

Baca Juga  Ssst... PDJT Pinjam Uang PDAM Rp7 Miliar

“Ke depan ada dua program yang saling terintegrasi an­tara rencana Kementerian PUPR yang membangun tro­toar dengan BPTJ yang be­rencana membangun jalur sepeda di Kota Bogor,” papar­nya. Sedangkan tahun ini, tambah dia, Pemkot Bogor telah menyiapkan alokasi ang­garan untuk menyambungkan ruas jalur sepeda di Jalan Ah­mad Yani menyambung ke Jalan Sudirman hingga ruas Jalan Otista.

Setiap jalur sepeda, sambung Rudi, nantinya akan memakan 1,2 meter badan jalan yang masih dapat digunakan pengendara roda dua atau roda empat ketika tidak ada pesepeda yang menggunakan jalur tersebut. Pemkot Bogor menjadikan prioritas kegia­tan itu untuk segera dibangun di Kota Bogor. Tujuannya agar pesepeda aman dan nyaman saat berada di Kota Bogor.

Baca Juga  Sensasi Gowes Bogor-Baduy

“Buat keselamatan. Coba lihat Sabtu dan Minggu, pe­sepeda yang masuk ke Kota Bogor tinggi, terutama arah dari Jakarta, Depok dan Cibi­nong. Kita upayakan keama­nan dan keselamatan, apal­agi kan jadi lifestyle, bagai­mana keamanan pejalan kaki dan sepeda. Mereka akan lakukan studi di jalan nasional,” ungkapnya.

Wacana pembangunan jalur sepeda pernah digulirkan. Hanya saja saat itu anggaran­nya berada di Dinas Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor. Lalu karena pembangunan jalur khusus sepeda itu tidak mengubah badan jalan yang ada, maka dialihkan anggar­annya ke Dinas Perhubungan Kota Bogor. “Tahun ini diang­garkan di Dishub, BPTJ di ruas jalan nasional untuk jalur sepeda, sedangkan pem­kot untuk ruas jalan Kota Bogor, sehingga nanti nyam­bung,” katanya.

Baca Juga  Gaet Kaum Milenial

Setiap jalur sepeda, tambah dia, nantinya akan memakan 1,2 meter badan jalan yang masih dapat digunakan pengendara roda dua atau roda empat ketika tidak ada pesepeda yang menggunakan jalur tersebut. Pemkot Bogor menjadikan prioritas kegia­tan tersebut untuk segera dibangun di Kota Bogor, dengan tujuan agar pesepeda bisa aman dan nyaman saat berada di Kota Bogor. (dil/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.