BPJamsostek Bogor Kota Lakukan Gerakan Moral Peduli Lingkungan Sekitar

by -

METROPOLITAN – Badan Penyelenggara Jaminan So­sial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bogor Kota melaksanakan kegiatan Employee Volunteering, yang merupakan bakti sosial ba­gi anak-anak penghuni Panti Asuhan PYI dan Al Kahfi Bogor.

Kepala BPJamsostek Bogor Kota Mias Muchtar menga­takan, Employee Voluntering ini sebagai gerakan moral langsung sebagai tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap lingkungan anak-anak di sekitar Bogor.

Ia menambahkan, kegiatan ini diikuti segenap karyawan yang turut hadir di dua lo­kasi yaitu Panti Asuhan PYI dan Al Kahfi Bogor secara bersamaan.

”Program Employee Volun­teering ini rutin digelar setiap tahunnya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mempere­rat silaturahmi antara BP­Jamsostek dengan masyarakat. Sehingga masyarakat lebih mengenal BPJamsostek be­serta program-program per­lindungannya,” kata Mias kepada Metropolitan.id, Rabu (28/4).

Selain memberi bantuan, dalam kegiatan ini juga disi­sipkan pengetahuan kepada anak-anak dan pengurus panti asuhan terkait program-program BPJamsostek.

Baca Juga  BPJamsostek Guyur Rp771 M buat Pekerja Bogor

Diketahui, BPJamsostek selaku penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan me­miliki berbagai program, di antaranya program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Ja­minan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pen­siun (JP), dan Jaminan Kehi­langan Pekerjaan (JKP)

”Ini merupakan program negara yang bertujuan mem­berikan kepastian perlindun­gan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat pekerja,” jelas Mias.

Perlindungan bagi tenaga kerja pada di BPJamsostek tidak hanya sebatas pada pe­kerja yang bekerja pada pe­rusahaan atau pekerja formal atau yang sering disebut pe­kerja penerima upah.

Perlindungan juga diberikan kepada para pekerja yang bekerja sendiri atau pekerja informal atau yang disebut dengan pekerja Bukan Pene­rima Upah (BPU) seperti tu­kang ojek, sopir angkutan umum, pedagang kaki lima dan pekerja harian lepas atau borongan pada sektor Jasa Konstruksi, baik proyek pe­merintah maupun swasta.

Baca Juga  BPJamsostek Cileungsi Bantu 23.894 Tenaga Kerja Klaim JHT

”Dalam kesempatan ini, kami mengimbau sekaligus mengajak para pekerja se­gera daftarkan diri anda se­bagai peserta BPJamsostek agar kita dapat bekerja dengan aman dan sejahtera melalui perlindungan dari BPJamso­stek,” tambah Mias.

”Dengan iuran minimal Rp16.800 per bulan peserta telah terlindungi dengan pro­gram kecelakaan kerja dan program kematian,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Umum dan SDM Saeful Azhar menyampaikan kegiatan ini sengaja dikemas dalam ben­tuk belajar mengajar sekaligus mengenalkan sejak dini In­stitusi BPJS Ketenagakerjan kepada masyarakat sekitar khususnya anak anak di Pan­ti Asuhan PYI dan Al Kahfi Bogor.

Tujuannya agar sejak dini mengenal dan mengetahui jaminan sosial yang disedia­kan BPJamsostek kepada pe­sertanya,” tutup Saeful. (dil/c/ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *