Dimotori Bhabinsa, Warga Kubang Rehab RTLH

by -

Menyambut Ramadan 1442 H, warga Kampung Kubang, RT 04/03, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, gotong-royong membantu rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di RT 04. Giat yang diprakarsai Bhabinsa Desa Cipicung ini berjalan mulus atas antusias seluruh warga.

KETUA RW 03, Yayan, menga­ku mendapat laporan dari ketua RT 04 soal kondisi rumah warga di wilayahnya yang sangat mengkhawatirkan. Atas inisiatif Bhabinsa dan warga, pihaknya akhirnya berkoor­dinasi dengan pihak desa un­tuk segera merealisasikan perbaikan. ”Setelah musya­warah dengan pihak desa, Bhabinsa, ketua RT serta warga Kubang, kami sepakat swadaya memperbaiki rumah Pak Ganda,” ungkapnya.

Untuk eksekusinya, giat rehab RTLH ini langsung dikoman­doi Bhabinsa Cipicung. “Pak Fredy selaku Bhabinsa Desa Cipicung mengarahkan kami agar sebelum mendapat ban­tuan dari pemerintah, kita coba dulu kerja sama dengan masyarakat, terutama ketua RT. Alhamdulillah, warga Kubang mendukung saran Pak Fredy. Sumbangan warga berupa semen, pasir, bambu dan pembangunan kami ker­jakan secara swadaya,” papar­nya.

Baca Juga  Jatah Penerima Menurun, Rehab RTLH Belum Tuntas

Ia pun mengapresiasi kekom­pakan warga bersama ketua RT yang masih peduli dengan warga kurang mampu. Sebab, dengan gotong-royong akhir­nya rumah warga yang tidak layak huni bisa segera diper­baiki. “Saya kira ini bisa dija­dikan contoh agar bila ada warga kurang mampu, warga lainnya bisa bahu-membahu,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga berha­rap pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, sigap dalam merespons warga tidak mam­pu yang tinggal di pelosok. ”Saya sebagai ketua RW me­wakili warga lainnya berharap ada bantuan dari dinas sosial agar rumah Pak Ganda cepat selesai,” terangnya.

Sementara itu, Bhabinsa Desa Cipicung, Koptu Freddy Andriyan, menerangkan diri­nya sebagai Bintara Pembina Desa berkewajiban merangkul semua warga, baik pembi­naan, keamanan dan koordi­nasi bencana alam. Termasuk mengajak warga peduli dengan tetangganya yang kurang mampu.

Baca Juga  Pengalaman Baru Jennifer Frisca Resilowi Sebagai Calon Dewan Di Kota Bogor Lebih Peka Dengan Persoalan Masyarakat

”Alhamdulillah, ketika ada laporan warga kurang mampu saya langsung berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk kepala desa. Beberapa waktu lalu kades juga sudah ke lo­kasi. Kami berharap perteng­ahan puasa atau sebelum Lebaran rumah Pak Ganda sudah selesai,” pungkasnya. (nto/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *