DPRD Kota Bogor Dorong Anggaran Rp30,6 M buat Insentif Nakes

by -79 views
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto

METROPOLITAN.id – Tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas sebagai garda terdepan dalam menangani Covid-19 ternyata belum mendapatkan dana insentif. Untuk itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor pun berinisiatif untuk memberikan dana insentif bagi para pejuang ditengah pandemi ini.

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, mengungkapkan landasan hukum untuk pemberian insentif ini tertuang didalam Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 terkait PPKM Mikro, Surat Edaran Dirjen Perimbangan Keuangan No. SE-2/PK/2021, dan juga Instruksi Menteri Desa dan PDTT Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam Pelaksanaan PPKM Mikro di Desa.

Atang pun mengungkapkan terdapat beberapa pos anggaran yang bisa dialokasikan untuk digunakan untuk pos anggaran dana insentif bagi nakes. Diantaranya adalah pos anggaran PCR test sebesar Rp22 miliar dan pos anggaran vaksin Rp8,6 miliar.

Baca Juga  Pedagang Khawatir Masuk Gedung Blok F Saat Proyek Belum Rampung

“Tidak akan termanfaatkan anggaran tersebut, bisa dialihkan untuk insentif nakes melalui mekanisme pergeseran atau mekanisme lain yang diperbolehkan. Melalui perubahan anggaran,” katanya kepada Metropolitan.id saat ditemui di kantor DPD PKS, Kamis (8/4).

Agar insentif ini tepat sasaran, Atang mengaku saat ini tengah meminta data total nakes yang ada di Kota Bogor ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Tak hanya itu, nantinya untuk besaran insentif juga akan dirumuskan bersama komisi IV DPRD Kota Bogor agar sesuai dengan anggaran yang ada dan jumlah nakes yang ada.

“Karena mau bagaimana pandemi belum selesai, kemudian, nakes selain rumah sakit menjadi garda terdepan juga. Meskipun dalam artian kita siapkan insentif, belum tentu sepadan nilainya dengan pengorbanan tetapi setidaknya menunjukan adanya keberpihakan dan adamya apresiasi dari pemerintah, dan dihadapkan dapat menambah spirit untuk nakes, dan senantias berjuang dengan penuh semangat,” pungkasnya.

Baca Juga  Lokasi Kantor Baru Pemkot Bogor Bakal Seperti Sentul City

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim merespon baik usulan DPRD Kota Bogor kaitan insentif nakes ini.

“Bisa aja kalau disetujui dan anggarannya cukup memang harus kita berikan,” katanya. (dil/c/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *