Gandeng Lapas Paledang, PMI Penuhi Stok Kantong Darah

by -31 views

METROPOLITAN – Kebu­tuhan kantung darah di bank darah Palang Merah Indone­sia (PMI) Kota Bogor semakin meningkat di tengah pan­demi Covid-19. Situasi ini membuat PMI menggandeng Lapas Paledang untuk meng­gelar donor darah massal.

Ketua PMI Kota Bogor, Edgar Suratman, mengatakan, jelang Ramadan stok darah biasanya berkurang. Untuk memenuhi stok kantung darah, PMI Kota Bogor saat ini tengah melakukan sosialisasi dengan beberapa instansi. Sedangkan untuk meningkatkan kesada­ran masyarakat melakukan donasi darah, PMI menyiap­kan bungkusan menarik bagi warga yang mau mendonor­kan darahnya. ”Ini agar se­mangat. Agar masyarakat juga mau mendonorkan dar­ahnya,” ujarnya.

Edgar mengatakan, upaya tersebut dianggap efektif un­tuk meningkatkan animo pendonor darah pada Rama­dan tahun lalu. ”Stok darah dua bulan terakhir mulai normal. Bulan kemarin sudah terpenuhi 3.200 kantong darah. Biasanya saat pandemi sangat kekurangan, hanya 2.600 kantong darah. Bahkan awal pandemi hanya 1.400 stok darah yang terkumpul,” jelasnya.

Baca Juga  Wow, Napi Lapas Paledang Panen 500 Ekor Ayam dan Kacang

Sementara itu, untuk mem­bantu menambah stok kantung darah, pihak Lapas Paledang Kelas IIA Bogor pun melakukan donor darah secara massal.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Rachmad Mintarja, mengatakan, kegiatan donor darah dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dalam Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57. Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Bogor. Seba­gian pegawai lapas memang rutin mendonorkan darahnya, namun dilakukan secara man­diri. ”Jadi kali ini dilakukan serentak di seluruh lapas di Indonesia,” kata Rachmad.

Rachmad melanjutkan, pelaksanaan donor darah kali ini sempat terkendala pegawai yang sudah menja­lani vaksin Covid-19. Sebab, ternyata harus ada jeda mi­nimal dua pekan usai divak­sin pada dosis kedua. ”Rom­bongan pertama 16 orang, ada yang piket siang, ada yang datang siang. Memang ada arahan dari pusat untuk mem­peringati HUT Pemasyaraka­tan,” katanya.

Baca Juga  Bogor Jadi Pilot Project Epidemi dan Pandemi

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian di tengah pandemi untuk mem­bantu PMI mengatasi keku­rangan stok darah di Kota Bo­gor. ”Kita berharap tujuan kita bisa bermanfaat. Kita juga berharap semua pegawai, tapi karena ada wajib vaksin ada beberapa yang belum bisa menjalani donor darah,” pung­kasnya.(dil/c/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *