Hindari Anak Kecanduan Gadget, Gandeng Formi, Seksi Otrad Dispora Gembleng Guru PAUD

by -76 views

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor melalui Seksi Olahraga Rekreasi Tradisional dan Layanan Khusus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada tenaga pengajar perwakilan PAUD dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor di Hotel Accram, Cipayung, Kecamatan Megamendung.

BIMTEK yang digelar Seksi Ortrad Dispora itu merupakan upaya Dispora dalam penge­nalan sekaligus permasalahan olahraga tradisional kepada guru PAUD. Hal itu agar guru PAUD di Kabupaten Bogor bisa mentransfer ilmu tentang olahraga tradisional serta pendidikan karakter mental kepada anak-anak didiknya.

Kepala Seksi Olahraga Re­kreasi Tradisional dan Laya­nan Khusus Dispora Kabu­paten Bogor, Dedi Supriyadi, mengatakan, Bimtek ini diik­uti 40 guru PAUD yang terse­bar di 40 kecamatan se-Ka­bupaten Bogor. ”Untuk Bim­tek kali ini, kita fokus pada guru PAUD. Kita ingin guru-guru PAUD nantinya bisa menerjemahkan ilmu dan pengetahuannya tentang pen­didikan olahraga tradisional kepada anak-anak usia dini di Kabupaten Bogor,”beber pria yang akrab disapa Bewok ini.

Baca Juga  Kecanduan Gadget Mempengaruhi Gangguan Jiwa? Ini Faktanya

Dalam Bimtek tersebut, sam­bung Bewok, para peserta mendapatkan pembekalan materi dari ketua umum Formi dan akademisi olah­raga dari UPI Bandung. Selain itu, para peserta juga akan menjalani praktik lapangan dari instruktur olahraga tra­disional. ”Ada dua tahap Bim­tek yang diikuti peserta. Per­tama pembekalan tentang materi dan kedua praktik langsung di lapangan tentang pemanfaatan olahraga tradi­sional,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum Formi Kabupaten Bogor, Usep Supratman, menginginkan guru PAUD yang ikut dalam Bimtek bisa menerjemahkan ilmu dan pengetahuannya tentang olahraga tradisional kepada anak-anak didik di masing-masing PAUD. ”Saya ingin guru-guru PAUD mem­berikan pengenalan serta pelajaran olahraga tradisional kepada anak didiknya agar ke depan generasi tahu akan olahraga tradisional,” katanya.

Baca Juga  Semakin Lama PJJ, Risiko Kecanduan Gadget makin Tinggi

Usep juga berharap para peserta ikut andil memerangi anak kecanduan gadget se­cara berlebihan dengan mengenalkan Otrad kepada anak-anak PAUD. Selain itu, ia juga ingin guru-guru PAUD bisa bekerja sama dengan Formi di desa maupun keca­matan di Kabupaten Bogor kaitan even olahraga rekrea­si.

Usep menambahkan, keha­diran Formi dalam Bimtek yang digelar Dispora kali ini ingin memberikan dampak positif bagi masa depan putra-putri Kabupaten Bogor melalui guru-guru PAUD. (*/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *