Ikut Tangani Persoalan Anak, LBH 1201 Gandeng KPAID

by -48 views

METROPOLITAN – Banyaknya anak-anak yang terjerat kasus hukum di Kota Bogor, rupanya menjadi perhatian Lembaga Bantuan Hukum (LBH 1201). Bahkan, LBH 1201 ini mengambil bagian dengan bekerja sama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAID) Kota Bogor.

Ketua LBH 1201, Roy Sianpar, mengatakan, dalam isi Memorandum of Understanding (MoU) dengan KPAID menekankan penanganan persoalan yang dilakukan anak-anak. Apalagi, banyak anak-anak di Kota Bogor yang tersangkut masalah hukum.

“Dalam pembahasan dengan KPAID tadi memang banyak persamaannya. Terlebih di LBH 1201 ada divisi yang kon­sen menangani persoalan anak,” kata Roy kepada Met­ropolitan, Senin (5/4).

Selain itu, Roy juga menga­ku telah membahas tugas KPAID dan LBH 1201 dalam MoU tersebut. Sehingga per­soalan anak menjadi hal pen­ting dan harus menjadi per­hatian bersama. “Dalam menangani persoalan anak tidak selalu bersangkutan dengan hukum. Pendekatan yang humanis kepada anak juga menjadi hal penting,” paparnya.

Dalam persoalan kekerasan kepada anak, menurut Roy, upaya pidana merupakan upaya terakhir. Bahkan, saat ini sudah diterapkan peradi­lan khusus anak dan penanga­nannya diusahakan dalam bentuk kekeluargaan.

Baca Juga  Kiprah Roy Sianipar, Advokat dan Ketua Umum DPP LBH 1201

Sementara itu, Ketua KPAID Kota Bogor, Dudih Syaruddin, mengungkapkan, dalam men­jalankan kasus persoalan perlindungan anak, pihaknya tidak bisa berjalan sendiri. KPAID perlu bekerja sama dengan semua pihak, terma­suk penegak hukum.

”Saya ucapkan terima kasih kepada LBH 1201. Ini meru­pakan bentuk partisipasi ma­syarakat dalam penyeleng­garaan perlindungan anak sekaligus pembenahan hak dasar anak menuju hak dasar terbaik,” katanya.

Terkait komitmen MoU, pi­haknya sama-sama akan menggelar sosialisasi sekali­gus mengadvokasi masyara­kat terkait pentingnya perl­indungan anak dan perlin­dungan hukum. ”Masyarakat tidak begitu paham kaitan perlindungan anak sendiri, sehingga anak yang kurang dikondisikan bisa disebut nakal, padahal belum tentu nakal. Itulah potensi yang harus kita arahkan,” ungkap­nya. (vir/b/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *