Indocement Tingkatkan Kapasitas Kader Kesehatan lewat KRL

by -

METROPOLITAN – PT Indo­cement Tunggal Prakarsa Tbk, Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, terus beru­paya meningkatkan kapasitas para kader dan tenaga keseha­tan yang ada di 12 desa mitra perusahaan, dengan pelatihan program kesehatan. Dilaksana­kan saat pandemi Covid-19, pelatihan yang digelar daring itu berlangsung pada periode Februari hingga April 2021.

CSRS Division Manager PT Indocement, Gadang Wardono, mengungkapkan selama pe­riode tersebut pihaknya men­ghadirkan beberapa narasum­ber. Seperti National Board Certified Internist, Health Educator dan Founder @In­ternaisfun, dokter RA Adaning­gar, dalam program Serba-serbi Vaksin Covid-19.

Lalu, CSRS Division PT In­docement Tunggal Prakarsa Tbk, dokter Wahyu Nurlita­sari, dalam program Rumah Tangga Sehat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). CSRS Division PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Bambang Nugroho Yulianto, dalam pro­gram Peran Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dalam Men­dukung Kesehatan Masyarakat.

Baca Juga  Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing Si Jeger

”Selama pelatihan berlangs­ung, para peserta begitu antu­sias. Tercatat sebanyak 576 orang peserta dari 12 desa mitra ikut dalam pelatihan tersebut,” kata Gadang dalam keterang­an tertulisnya yang diterima Metropolitan, kemarin.

Menurutnya, pelatihan pro­gram kesehatan ini memiliki tujuan memotivasi atau mendo­rong peserta untuk mengini­siasi pembentukan KRL atau memelihara KRL yang sudah ada di lingkungannya.

”Peserta diharapkan dapat mengajak masyarakat sekitar­nya untuk membentuk atau menjalankan KRL, sebagai salah satu dasar dalam men­ciptakan lingkungan dan ma­syarakat yang sehat. Lalu juga dapat meningkatkan wawasan peserta agar dapat melakukan kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan,” jelas Gadang.

Di samping itu, pelatihan yang digelar tersebut juga merupa­kan langkah perusahaan mem­persiapkan masyarakat agar dapat menerima vaksin Co­vid-19 dan tidak terpengaruh hoaks yang berkembang bebas mengenai vaksin tersebut.

Baca Juga  Indocement Ajari Pelaku UMKM Bikin Laporan Keuangan

”Masyarakat diharapkan akan semakin menyadari pentingnya peran KRL dalam kesehatan masyarakat, membangun pe­rilaku hidup bersih dan sehat mulai dari rumah masing-masing, serta tidak termakan isu-isu tidak benar mengenai vaksin Covid-19 dengan ikut menyukseskan program vaksi­nasi Covid-19. Dengan de­mikian, kualitas hidup masy­arakat akan semakin baik,” tutur Gadang.

Diketahui, pelatihan pening­katan kapasitas untuk kader kesehatan dan tenaga keseha­tan puskesmas desa mitra ini merupakan program rutin yang dilaksanakan Indocement se­tiap tahun. ”Ke depannya In­docement akan tetap konsisten melakukan berbagai program kesehatan di desa mitra yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan isu kesehatan yang terjadi di masyarakat umum,” tandas Gadang. (yok/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.