Kacau, Lekar Alquran Dipakai Selundupkan Sabu ke dalam Lapas

by -
Foto: Hakim/Radar Cianjur

METROPOLITAN.id – Ada saja cara yang dilakukan untuk menyelundupkan narkoba, salah satunya seperti yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Pelaku kepergok menyelundupkan sabu ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur menggunakan lekar Alquran atau meja untuk mengaji dengan tujuan mengelabui petugas.

Aksi tersebut dilakukan warga Kampung Cicaringin, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukanagara, Cianjur, Angga Nugraha (26) dan Vivik Aly Zulfikar (25), Sabtu (10/4).

Ternyata, penyelundupan sabu ke dalam lapas dengan memanfaatkan lekar ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya sempat berhasil.

Penyelundupan kedua ini tercium oleh petugas. Sabu tersebut didapati disimpan dalam lekar yang sudah dimodifikasi agar muat menyimpan satu bungkus sabu di plastik warna biru dan tiga bungkus sabu di plastik berwarna bening.

Kasat Narkoba Polres Cianjur, AKP Ali Jupri mengatakan, dari pengakuan tersangka, sabu tersebut didapat dari wilayah Cipanas. Penghuni lapas atau narapidana yang memesan dan membayarnya.

Baca Juga  Canangkan Gerakan Panen Padi dan Serap Gabah Petani

“Kita sudah melakukan penyelidikan satu bulan lalu, karena kita sudah mengamankan napi yang ada di lapas dan positif narkoba saat tes urin. Maka kita lakukan penyelidikan, ternyata benar akan ada yang memasukan kembali ke dalam lapas,” kata Ali seperti dikutip dari Radarcianjur.com, Rabu (14/4).

Berbekal informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan penelusuran. Hasilnya, pengiriman sabu menggunakan lekar terbongkar.

“Jadi dia (pelaku) bungkus sesuai pesanan orang di dalam, kayu rehalnya di bongkar lalu dimasukan ke dalam itu barangnya (sabu),” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PLP Lapas Kelas II B Cianjur, Resnu Prada Andika membenarkan percobaan penyelundupan sabu ke dalam Lapas Cianjur pada Sabtu (10/4) lalu.

Baca Juga  Pasca Unjuk Rasa di Cianjur, Ipda Erwin Yudha Gugur

“Berawal adanya informasi dari pihak kepolisian bahwa akan ada yang mencoba memasukan barang berupa sabu ke dalam lapas yang disimpan di lekar atau tempat Alquran,” terangnya.

Pihaknya bersama Polres Cianjur langsung melakukan penggagalan penyelundupan sabu tersebut. Polres Cianjur langsung mengamankan pengirim barang atau dua orang kurir.

Sementara penerima barang atau narapidana yang memesan, langsung diamankan letugas Lapas Cianjur untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kita langsung amankan WBP yang akan menerima barang dan kita telusuri informasi barangnya,” tandasnya. (kim/radarcianjur/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *