Kurangi Pengunjung Tatap Muka, BPJS Kesehatan Bogor Buka Layanan via WhatsApp

by -128 views
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Fahrurozi. (Ryn/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Lebih dari setahun pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir. Masyarakat pun dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam beraktifitas di luar rumah.

Termasuk pelayanan publik seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, agar bisa tetap menjalankan fungsinya sebagai pemberi layanan publik.

Salah satunya memberikan layanan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. Alur pelayanan administrasi kepesertaan di kantor cabang diatur sedemikian rupa untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Fahrurozi.

“Kami melakukan penyesuaian untuk sistem antrian meskipun tidak bisa dipungkiri warga tetap datang ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan administrasi kepesertaan,” katanya saat ditemui Metropolitan.id, Rabu (7/4).

Di masa pandemi ini, sambung dia, pihaknya dituntut untuk melakukan adaptasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. Pihaknya pun membuka kanal pelayanan administrasi kepesertaan melalui aplikasi WhatsApp. Terobosan yang dinamakan Pandawa,yakni Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp.

Baca Juga  RATUSAN WARGA DIEVAKUASI

Ada 9 pelayanan yang dapat dilayani melalui Pandawa. Peserta/Calon Peserta dapat mengirimkan format dengan memasukkan kode layanan yang diinginkan.

“Masyarakat di wilayah kerja kantor cabang, dapat menghubungi nomor yang berbeda-beda di tiap kantor cabang,” paparnya

Ia menyebut adanya Pandawa ini punya efek yang signifikan. Diantaranya, jumlah pelayanan tatap muka menjadi sangat berkurang dan sejalan juga dengan jumlah kerumunan turut berkurang.

“Tentunya kendala dalam penerapan Pandawa ini ada karena sebaik apapun suatu sistem pasti akan ada evaluasi. Kami akan berusaha untuk mengatasi kendala-kendala tersebut,” tukasnya.

Meskipun kedatangan pengunjung ke kantor BPJS Kesehatan sudah mulai berkurang dan berkisar di angka 20-an orang per hari, prokes tetap diutamakan untuk mengurangi terjadinya kerumunan dengan mengubah tampilan alur pelayanan di kantor cabang.

Baca Juga  Basement Unpak Bogor Terbakar, Satpam Panik

Sebelum memasuki kawasan kantor cabang, petugas BPJS Kesehatan akan melakukan pengukuran suhu tubuh peserta/calon peserta JKN-KIS yang tentunya wajib menggunakan masker dan jika memenuhi kriteria, dilanjut mencuci tangan dengan sabun di tempat yang disediakan.

“Sebelum Pandawa dikembangkan, BPJS Kesehatan sudah memiliki kanal pelayanan administrasi tanpa tatap muka. Kanal-kanal tersebut, antara lain aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan CHIKA (Chat Assistant JKN) melalui nomor WhatsApp 081213331413,” tutup Fahrurozi. (ryn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *