Madrid Kandaskan The Reds

by -

METROPOLITAN – Real Madrid memastikan diri lolos ke semifinal Liga Champions 2020/2021. Menyusul hasil seri 0-0 yang didapat dari la­watannya ke markas Liverpool. Los Blancos menyingkirkan Liverpool keunggulan agregat 3-1. Memainkan laga perem­pat final leg II di Anfield, Ka­mis (15/4) dini hari WIB, the Reds sesungguhnya bermain agresif dengan menghasilkan sejumlah peluang.

Namun, penyelesaian akhir Liverpool kurang sip ditambah dengan penampilan cemerlang dari kiper Madrid Thibaut Courtois. Sementara itu, me­ski lebih banyak tertekan serangan-serangan balik Mad­rid cukup berbahaya.

Dengan demikian, Los Blan­cos kembali ke semifinal Liga Champions lagi setelah dua musim sebelumnya selalu kandas di babak 16 besar. Selanjutnya, Real Mad­rid akan menghadapi Chel­sea.

Tak ada trofi untuk Liverpool di musim ini. Kekalahan di Liga Champions memastikan The Reds harus menuntaskan musim ini tanpa gelar apa pun. Perjalanan Liverpool musim ini memang bak roller coaster. Sempat memuncaki klasemen Liga Inggris di akhir 2020, penampilan Mohammed Sa­lah dkk justru merosot drastis setelahnya.

Baca Juga  Madrid Buang James Rodriguez

Badai cedera, khususnya di sektor bek, membuat tim asu­han Juergen Klopp kelim­pungan. Akibatnya, trofi pun satu per satu lepas dari geng­gaman.

Kekalahan adu penalti atas Arsenal di Community Shield pada Agustus lalu tak tampak seperti bencana. Begitu pula saat tersingkir di Piala Liga Inggris dari lawan yang sama pada Oktober, juga lewat adu penalti.

Sebab, saat itu Liverpool masih tampil meyakinkan di Premier League dan Liga Champions. Sehingga kera­guan belum tampak. Namun saat memasuki tahun baru, ban Liverpool mulai aus. Ke­kalahan datang silih bergan­ti. Anfield tak lagi angker. Tim sekelas Brighton & Hove Al­bion dan Burnley pun mam­pu menaklukkannya.

Baca Juga  Mane Nyatakan Kesetiannya untuk Liverpool

Delapan kekalahan di Liga Inggris pada tahun 2021 me­mastikan Liverpool secara matematis tak mungkin lagi mempertahankan gelar juara. Di Piala FA, napas mereka tak bertahan lama setelah takluk dari Manchester United di putaran keempat.

Liga Champions praktis menjadi harapan terakhir. Di tengah periode negatif, Liver­pool berhasil melaju ke babak delapan besar. Tapi ternyata sampai situ saja perlawanan mereka.

Berjumpa Real Madrid, ha­rapan membalas kekalahan di final 2018 pun gagal ter­laksana. Kalah 1-3 di leg per­tama, Liverpool hanya bermain imbang tanpa gol di leg kedua, Kamis (15/4) dini hari WIB.

Kini, satu-satunya target Liverpool adalah finis empat besar agar kembali tampil di Liga Champions musim depan. Saat ini, Liverpool masih be­rada di urutan keenam dengan 52 poin, terpaut tiga poin dari West Ham United di uru­tan keempat.

Baca Juga  Madrid Kecolongan Di Kandang Sendiri

Peluang untuk itu jelas ada, asalkan tujuh laga tersisa disapu bersih dengan keme­nangan. Sembari berharap para pesaing seperti West Ham, Chelsea, dan Tottenham Hotspur terpeleset.

”Kami menyukai kompetisi ini, dan untuk alasan-alasan lainnya, sangat penting kami kembali ke sini musim depan. Sekarang kami bisa konsen­trasi di Premier League dan kami akan melakukannya,” ujar Klopp kepada BT Sport seusai laga melawan Madrid. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *