Nggak Hadir UTBK Otomatis Gugur

by -

METROPOLITAN – Kabar kurang menyenangkan datang di tengah pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) masuk ke perguruan tinggi.

Ketua Pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Mohammad Nasih, menyebut peserta yang tidak hadir pada UTBK oto­matis gugur. Sebab, panitia tidak menyediakan sesi ca­dangan. ”Peserta gugur jika tidak hadir dalam UTBK dengan alasan apa pun, ter­masuk Covid-19,” kata Nasih.

Rektor Unair itu telah mengimbau peserta mela­kukan isolasi mandiri sebe­lum UTBK. ”Jadi memang kalau tidak bisa hadir ka­rena Covid-19, kami tidak bisa mengakomodasi di sesi cadangan, tapi uang pendaf­taran akan dikembalikan,” ujarnya.

Sesi cadangan ini tahun lalu digunakan untuk pe­serta yang tidak bisa mengik­uti jadwal karena sakit atau­pun hasil tes cepatnya reak­tif. Namun karena banyak peminat UTBK tahun ini, maka sesi cadangan akhirnya digunakan sebagai sesi tam­bahan yang terjadwal.

Baca Juga  Jadi Pusat UTBK, IPB Sediakan 4.000 Komputer

”Kalau kami mengeluarkan sesi cadangan tambahan, maka kami harus menyiap­kan soal lagi, sedangkan soal sudah kami siapkan sebelumnya sesuai jumlah sesi. Yang pasti kualitas so­alnya akan berbeda. Tidak mungkin kami memakai lagi soal yang sudah kami keluarkan,” bebernya.

Sementara itu, pelaksana­an UTBK secara nasional belum ada laporan berarti. Meskipun ada universitas yang server-nya sempat be­lum siap dan gardu PLN meledak, panitia pusat UTBK berhasil menanganinya.

Selain itu, Unair juga me­nerapkan sampling tes cepat di semua lokasi ujian di kam­pus dan hasilnya semua non-reaktif. Bahkan, ada beber­apa peserta yang sudah membawa surat tes cepat. ”Di setiap lokasi kami ambil sepuluh peserta untuk dites dan nanti akan kami evalu­asi. Kalau hasilnya bagus, mungkin akan kami turunkan jumlah sampling-nya,” te­rangnya.

Baca Juga  Menristekdikti : Ujian Masuk PTN Mudahkan Siswa

Menurutnya, sampling test diharapkan dapat mening­katkan kesadaran peserta akan menjaga kesehatannya sebelum mengikuti ujian. (rep/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.