Pemkot Bogor Genjot Pembangunan Infrastruktur

by -60 views

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor terus menggenjot penataan infra­struktur. Tahun ini ada sekitar sepuluh titik di pusat kota yang menjadi prioritas pekerjaan infrastruktur.

Di antaranya kelanjutan pembangunan Masjid Agung, rekonstruksi Jembatan Jalan Kencana, Kelurahan Kayuma­nis, dan perbaikan Tembok Penahan Tanah (TPT) Cigede Kulon, Kelurahan Mekarwangi.

Pemkot menganggarkan Rp32 miliar dari Anggaran Penda­patan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 untuk membangun Masjid Agung yang dimulai dari pondasi atap struktur baru, sesuai rekomendasi dari Ke­menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Prosesnya saat ini pembangu­nan Masjid Agung sudah dilakukan lelang untuk kon­sultan pengawas sejak Fe­bruari lalu. Saat ini hanya tinggal menunggu penetapan pemenangnya.

”Sedangkan untuk kon­struksinya, kita masih meny­elesaikan administrasi yang disesuaikan dengan Permen PUPR yang menyangkut per­syaratan tambahan maupun Permendagri yang menyang­kut keuangan daerah,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Bo­gor, Chusnul Rozaqi, usai rapat evaluasi di kantornya.

Baca Juga  Infrastruktur Berhasil Dibangun

Jika tak ada halangan berar­ti, lelang akan dimulai pada pekan kedua April ini. Se­hingga pada Mei mendatang, pemenang lelang sudah di­ketahui untuk melanjutkan pekerjaan fisik pada bulan berikutnya.

Detail pengerjaannya sen­diri, pada Masjid Agung akan dilakukan pemasangan atap sesuai rekomendasi dari Ke­menterian PUPR. Di mana pada pembangunan atap ini tidak boleh membebani struk­tur yang lama. Sehingga pembangunan akan dimulai dari pondasi struktur awal, sampai kepada struktur atap dan atapnya sendiri.

Selain itu, pemkot juga akan merekonstruksi Jembatan Jalan Kencana, Kelurahan Kayumanis, dan memper­baiki TPT Cigede Kulon, Ke­lurahan Mekarwangi.

”Untuk rekonstruksi Jemba­tan Jalan Kencana, Kayuma­nis, pagu anggaran Rp396.643.000, akan diajukan lelang. Sementara perbaikan TPT Cigede Kulon, Kelurahan Mekarwangi, pagunya Rp953.000.000,”tandas Chus­nul. (*/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *