Plaza Bogor bakal Disulap Jadi Alun-Alun Suryakencana

by -
Situasi kawasan Jalan Suryakencana-Pasar Bogor, yang rencananya akan dibangun Park and Ride dan Alun-Alun Suryakencana. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Revitalisasi Terminal Baranangsiang rencananya bakal mulai digarap tahun depan. Untuk mengintegrasikan proyek dari pemerintah pusat itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membangun Park and Ride dan alun-alun di kawasan Jalan Suryakencana.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudi Mashudi mengatakan, untuk pembangunan Park and Ride di kawasan Pasar Bogor, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor tengah dilakukan kajian Detail Engineering Design (DED).

“Untuk Park and Ride itu akan digarap oleh PUPR, untuk DED-nya tahun ini,” katanya kepada Metropolitan.id, Minggu (25/4).

Sedangkan untuk pembangunan Alun-Alun atau taman, rencananya akan dibangun diatas lahan yang saat ini berdiri Plaza Bogor, yang akan digarap Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Baca Juga  Seleksi Rampung, Ini Tiga Nama Calon Dirops Bank Kota Bogor

Untuk bisa membangun itu semua, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah mengurus status lahan.

“Sekarang itu soal status lahan akan dibicarakan di tingkat pimpinan,” jelas Rudi.

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan bahwa rencana penataan wilayah Suryakencana ini sesuai dengan rencana yang sempat dipaparkan pada 2018 silam.

Selain untuk mengintegrasikan dengan pembangunan Transit Oriented Development (TOD) di Terminal Baranangsiang, penataan kawasan Suryakencana ini juga untuk menunjang lokasi wisata Jalan Suryakencana dan Kebun Raya Bogor.

“Ini untuk menunjang itu semua, karena berdasarkan data dalam setahun itu ada satu juta wisatawan yang datang ke Kebun Raya Bogor,” pungkasnya. (dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.