Pramuka Kota Bogor Digembleng Mampu Tanggap Bencana

by -

METROPOLITAN – Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bo­gor menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor memberi pelatihan dan pem­bekalan tanggap bencana kepada puluhan peserta di kantor BPBD Kota Bogor, akhir pekan lalu.

Dengan tajuk Diklat Pramu­ka Peduli dan Perekrutan Anggota Unit SAR 0917 Tahun 2021 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor, kegia­tan dibuka Sekretaris Kwar­cab Nurwaly Amin. Sedang­kan pengukuhan diwakilkan Andalan Bidang Abdimas Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana yang juga Ketua Satgas Pramu­ka Peduli, Aldilah Rahman.

“Ada tiga poin pada kegia­tan kali ini. Pertama, pengu­kuhan Unit Reaksi Cepat Satgas Pramuka Peduli. Ke­dua, perekrutan anggota baru Satgas Pramuka Peduli. Ke­tiga, pelatihan keterampilan SAR kerja sama Pusdiklatcab Kwarcab Kota Bogor dan BPBD Kota Bogor. Terakhir, menyambut Hari Kesiapsia­gaan Bencana pada 26 April,” kata Aldi, sapaan karibnya, Minggu (25/4).

Baca Juga  Pramuka Harus Jadi Agen Perubahan

Ia menjelaskan ini meru­pakan kegiatan rutin tahunan bidang pengabdian masy­arakat dan Tanggap Bencana Pramuka Kota Bogor. Tak kurang dari 40 peserta di tingkat Penegak dan Pan­dega dalam Gerakan Pramu­ka Peduli tergabung dalam Satgas Unit Reaksi Cepat yang nantinya berperan sebagai satgas di lokasi bencana. “Tugas yang tidak mudah sehingga butuh penguatan keterampilan dan bekerja sama dengan BPBD Kota Bogor untuk memberikan pembekalan tanggap ben­cana,” jelasnya.

Ia menambahkan, meny­ambut Hari Kesiapsiagaan Bencana pada 26 April, Pramuka Kota Bogor menga­jak warga Bogor dan ang­gota pramuka bersama pada tanggal tersebut keluar rumah pada pukul 10:00 WIB, dengan membunyikan pentungan, sirene, atau lonceng.

Pria yang juga kepala SMP Taruna Andigha itu berharap masyarakat bisa mengenali potensi bencana dan me­ningkatkan kesadaran diri terhadap bencana agar bisa menghindari korban jiwa dan kerugian harta benda. “Ter­akhir, saya berharap agar pramuka Kota Bogor men­jadi pelopor terdepan dalam tanggap bencana,” harap Aldi.

Baca Juga  Kejar Target Kwarcab Tergiat se-Jabar

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Nurwaly Amin berpesan agar Pramuka Pe­duli Kota Bogor konsisten dan makin meningkatkan keterampilan. Apabila ter­jadi bencana, khususnya di Kota Bogor, Pramuka Pe­duli terjun langsung mem­bantu warga yang terkena bencana.

Selain itu, saat pandemi masih terjadi, peran Pramu­ka Peduli sangat dibutuhkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Misalnya membantu menyosialisasikan protokol kesehatan dan melakukan edukasi kepada masyarakat. “Selain itu juga membantu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor dalam meny­ukseskan pemberian vaksin. Maka kehadiran Pramuka Peduli Kota Bogor sangat diharapkan,” tutup Kak Wali, sapaan karibnya. (ryn/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *