RS Lapangan Kota Bogor Segera ‘Habis Kontrak’

by -
ILUSTRASI Petugas di RS Lapangan saat beroperasi beberapa waktu lalu. (Dok. Prokompim Kota Bogor)

METROPOLITAN.id – Salah satu fasilitas kesehatan (faskes) khusus penanganan pasien Covid-19 di Kota Bogor, yaitu RS Lapangan, akan segera akan berhenti beroperasi atau ‘habis kontrak’ dalam waktu dekat.

Sebab, RS Lapangan Kota Bogor yang berada di lingkungan GOR Pajajaran ini hanya beroperasi selama tiga bulan sejak diresmikan 18 Januari silam.

“Sesuai kesepakatan awal, terhitung tiga bulan, maksimal sampai 18 April beroperasi. Sisanya menunggu keputusan, apakah akan lanjut atau dihentikan,” kata Humas dan Sekretariat RS Lapangan, Armein Sjuhary Rowi, Jumat (9/4).

Lebih lanjut, Armein mengungkapkan setiap pasien yang dirawat di RS Lapangan Kota Bogor, biaya perawatannya ditanggung oleh BNPB melalui Dana Sisa Pakai (DSP) sebesar Rp12 miliar.

Baca Juga  Proyek Penataan Suryakencana Rp31 M Ditender Setelah Lebaran, Jalan Roda Pasar Bogor Kena Imbas

“Dari Rp16 miliar, dikeluarkan dulu biaya Sarpras dan Perlengkapan sebesar Rp4 miliar, sehingga sisanya Rp12 miliar dibagi tiga bulan, jadi Rp4 miliar setiap bulan,” jelas Armein.

Sedangkan untuk gaji karyawan yang bertugas di RS Lapangan, mulai dari dokter spesialis hingga tenaga pembantu, Armein mengungkapkan pemerintah pusat sudah menganggarkan sebesar Rp4,5 miliar.

Masih kata Armein untuk gaji karyawan dianggarkan sebesar Rp180 juta untuk dokter spesialis, dokter umum Rp190 juta, perawat Rp470 juta, penunjang medis Rp200 juta dan tenaga manajemen serta pembantu umum kurang lebih dianggarkan Rp400 juta setiap bulannya.

“Jadi setiap bulan untuk biaya gaji karyawan dianggarkan Rp1,5 miliar dan kalau ditotal untuk tiga bulan Rp 4,5 miliar,” terang Armein.

Baca Juga  Kasus Covid-19 di Kota Bogor Meningkat, RS Lapangan Hampir Penuh

Sekadar diketahui, jumlah karyawan di RS Lapangan saat ini terdiri dari 222 orang yang terbagi atas dokter umum 10 orang, dokter spesialis delapan orang, perawat 52 orang, supir 12 orang, satpam delapan orang, tenaga manajemen 30 orang dan non-nakes 102 orang.(dil/b/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *