Rutan Depok Gelar Isra Mikraj hingga Bantu Warga Binaan Jadi Mualaf

by -74 views

Pembinaan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Depok tidak melulu soal keterampilan. Pihak rutan juga memberikan pembinaan spiritual atau keagamaan kepada warga binaannya. Hal ini dibuktikan dengan gelaran peringatan Isra Mikraj di rutan, kemarin. Tak hanya itu, rutan juga memfasilitasi warga binaannya yang berpindah keyakinan menjadi seorang muslim.

KEPALA Rutan Kelas I Depok, Anton, mengatakan, Rutan Kelas 1 Depok kerap membe­rikan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyaraka­tan (WBP). Salah satunya menggelar pengajian maupun memperingati hari besar Islam. Seperti pada peringatan Isra Miraj, pihak rutan mengha­dirkan penceramah untuk WBP dan petugas rutan. ”Tadi kami melakukan peng­ajian peringatan Isra Miraj yang diisi Ustadz Yusuf Man­sur,” katanya.

Baca Juga  Libur Isra Mikraj, 154 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Fauzi menjelaskan, pembi­naan keagamaan bertujuan untuk meningkatkan keima­nan terhadap WBP, sehingga setelah menyelesaikan masa tahanan bisa berbaur kem­bali kepada masyarakat dengan perilaku positif. Bahkan, pem­binaan keagamaan beberapa waktu lalu terdapat seorang warga binaan menjadi mu­alaf. ”Proses mualafnya kami bantu, dia merupakan tahanan karena tindakan pencurian dengan kekerasan,” ujarnya.

Selain melakukan pembi­naan, pihak rutan juga meng­gelar razia yang melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, Polsek Sukmajaya, Imigrasi Kelas II Depok dan Koramil 03 Suk­majaya. Pada razia yang di­gelar hari ini, petugas ga­bungan menemukan sejum­lah barang, antara lain hand­phone dan senjata tajam (sajam) dari blok tahanan.

Anton mengatakan, peme­riksaan blok WBP sebagai upaya Rutan Kelas I Depok mening­katkan keamanan dan keter­tiban tahanan dalam menja­lani hukuman. Kegiatan terse­but sekaligus memperingati Hari Bakti ke-57 Pemasyara­katan. ”Petugas tidak mene­mukan narkoba di blok taha­nan,” ujarnya.(idn/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *