SEAMEO Biotrop Kenalkan Manfaat Minyak Atsiri dalam Penanggulangan Covid

by -91 views

METROPOLITAN.id – Memperingati hari jadinya ke-53 tahun, SEAMEO Biotrop mengadakan serangkaian kegiatan dari webinar vaksin di era new normal dan pengobatan alternatif tradisional dalam mengatasi Covid-19 hingga meluncurkan program unggulan. Diantaranya mengenalkan pemanfaatan minyak atsiri.

Direktur SEAMEO Biotrop, Zulhamsyah Imran mengatakan, saat ini atau tepatnya pada 6 Februari 2021, SEAMEO Biotrop genap berusia 53 tahun. Pihaknya telah dapat menghasilkan karya-karya unggulan sampai dengan saat ini yang merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas SEAMEO Biotrop bekerjasama dengan mitra, baik pemerintah maupun swasta.

HUT ke 53 SEAMEO Biotrop mengusung tema ‘Be There For Nature Solutions’. Adapun rangkaian kegiatan dimulai webinar vaksin di era new normal dan pengobatan alternatif tradisional dalam mengatasi Covid-19 pada 7 April 2021.

Baca Juga  Usung Cabup, Ppp Siap-Siap Jajaki Koalisi

Sehari berikutnya atau 8 April 2021, peluncuran program-program unggulan diantaranya aplikasi HRIS, BiOOC dan ISAIMAT. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Kesepahaman dan Naskah Kerjasama antara SEAMEO BIOTROP dan IPB University, serta PT Garudafood. Selain ada soft launching buku Kajian Lingkungan Hidup Strategis, juga pemberian penghargaan bagi staf dan mitra Boitrop.

Dijelaskan Zulhamsyah, SEAMEO Biotrop merupakan pusat penelitian regional yang memiliki mandat penelitian, pelatihan dan diseminasi pengetahuan dan teknologi di bidang biologi tropis. Biotrop telah memberikan banyak kontribusi melalui hasil-hasil penelitian yang tidak hanya menjadi bahan literatur bagi dunia pendidikan tinggi, tetapi hasil-hasil penelitian terapan Biotrop juga dapat diaplikasikan oleh masyarakat umum.

Baca Juga  Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran di Ramayana

SEAMEO Biotrop saat ini tengah mengembangkan berbagai penelitian dalam hal pemanfaatan minyak atsiri. Ia mengatakan, minyak atsiri merupakan bahan alami yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya dapat mengobati stress, sakit kepala dan migrain, mengatasi gangguan tidur, mengurangi peradangan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

“Selain itu, minyak atsiri juga bermanfaat bagi sistem limbik yang berperan penting pada sistem pernafasan, detak jantung, dan tekanan darah,” jelasnya.

Zulhamsyah menambahkan, melalui penelitian minyak atsiri ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengatasi pandemi yang diakibatkan oleh Covid-19 yang kini terjadi di dunia. Maka itu tujuan digelarnya webinar untuk memperkenalkan manfaat dari minyak atsiri sebagai terapi alternatif bagi beberapa penyakit. Lalu memperkenalkan metode pengobatan alternatif bagi Covid-19.

Baca Juga  Bogor Target Raih KLA tingkat Nindya

“Memperkenalkan jenis vaksin untuk berbagai pengobatan. Pemanfaatan vaksin dalam mengatasi Covid-19. Peserta webinar regional nanti terdiri dari peneliti, dosen, mahasiswa, guru SMU/SMK dan masyarakat umum yang berasal dari negara di Asia Tenggara,” tambahannya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *