Sukabumi Dilanda Gempa 5,6 SR, ASN Bogor Berhamburan

by -

METROPOLITAN – Gempa berkekuatan 5,6 SR terjadi di wilayah perairan selatan Kabupaten Sukabumi pada Selasa (27/4) pukul 16:23 WIB. Getaran gempa pun terasa sampai ke beberapa daerah lain di Jawa Barat. Di antaranya wilayah Bogor.

“Berasa banget. Lagi depan laptop, dikira suara apa kayak gemuruh. Terus nggak lama goyangnya kencang banget sampai merin­ding,” kata salah seorang warga Yasmin, Kota Bogor, Aldi, Selasa (27/4).

Tak hanya di Kota Bogor, gempa juga terasa di Kabupaten Bogor. Salah seorang warga Karadenan, Cibinong, Hardy merasakan efek getaran gempa. “Kirain ada apa, tahu-tahu kayak goy­ang saja. Ternyata kata orang-orang gempa,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun, mengutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimato­logi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di tenggara Kabupaten Sukabumi pukul 16:23 WIB, Selasa (27/4).

Baca Juga  Gempa Sukabumi Terasa di Jakarta

Gempa dengan magnitudo 5.6 ini tidak berpotensi tsu­nami. Info Gempa Mag:5.6, 27-Apr-21 16:23:37 WIB, Lok:7.86 LS,106.87 BT (103 km Tenggara KAB-SUKABU­MI-JABAR), Kedlmn:14 Km ::BMKG

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan BMKG Pos Citeko Bogor, gempa ini terjadi 1–3 kilometer teng­gara Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 14 kilo­meter, dan BMKG memastikan gempa tak berpotensi tsu­nami. “Gempa ini tidak ber­potensi tsunami,” ujar Ke­pala BMKG Pos Citeko Bogor, Fatuhri Syabani.

Gempa ini pun dirasakan warga Kota Bogor. Saat keja­dian, para ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang ada di kawasan Balai Kota Bogor pun berham­buran keluar.

Namun, berdasarkan laporan yang disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Anjar Apriyana, sejauh ini belum ada laporan ke­rusakan akibat terjadinya gempa.

Baca Juga  Kisah Inspiratif Dawam Peneliti LIPI Kreatif, Sampah Masker Disulap Jadi Pot Hidroponik

“Berdasarkan laporan Pus­dalops, belum ada laporan kerusakan. Tapi kita akan tetap siaga. Dan mudah-mu­dahan tidak ada kerusakan, dan semuanya aman,” kata Anjar. (dil/c/ryn/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.