Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Bogor Sempat Diikuti Siswa Positif Covid-19, KCD Bilang Tertular Dari Luar

by -98 views
Ilustrasi: Siswa SMA Negeri 2 Cibinong mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19, Senin (15/3). Ada 170 sekolah di Kabupaten Bogor yang diizinkan menggelar simulasi PTM. (Arie/MG/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Salah seorang siswa SMA di Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang sempat mengikuti uji coba sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM) dikabarkan positif Covid-19. Akibatnya, uji coba PTM di sekolah tersebut dihentikan.

Informasi tersebut dibenarkan Kasi Pengawasan Kantor Cabang Dinas (KCD) wilayah 1 Jawa Barat, Ridwan Mujani. Menurutnya, sistem belajar di sekolah tersebut sudah dikembalikan secara daring sambil melakukan pemantauan sekolah lain yang tengah melakukan uji coba PTM.

“Iya memang benar ada satu orang terpapar dengan status awalnya tanpa gejala, tapi sekarang sudah dilakukan isolasi mandiri,” kata Ridwan, Rabu (7/4).

Menurutnya, siswa SMA tersebut terpapar sekitar seminggu lalu. Ridwan memastikan jika yang bersangkutan terpapar Covid-19 dari luar sekolah.

“Begitu mendengar laporan langsung kita strerilisasi ke murid lain untuk mencegah penyebarannya,” ujarnya.

Baca Juga  Minta Disperindag Turun Tangan

Ridwan menjelaskan, uji coba PTM tingkat SMA atau SMK ini tidak dilakukan semua sekolah. Pihaknya pun masih melakukan pendataan untuk memastikan sekolah mana saja yang melaksanakan PTM.

“Total hanya ada 64 sekolah, SMA 32 dan SMK 32 dari jumlah sekolah tingkat atas sebanyak 80 sekolah,” tandas Ridwan.

Sebelumnya, uji coba PTM terbatas di Kabupaten Bogor dilaksanakan di 170 sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA pada 9 maret – 10 April 2021.

Untuk mekanisme PTM Terbatas, harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Murid juga hanya berada di sekolah maksimal 2 jam atau 120 menit, pembelajaran maksimal dilakukan 20 murid, dan pengaturan ruang kelas sesuai dengan protokol kesehatan, mulai dari posisi duduk hingga jarak antar bangku siswa selebar 1,2 meter. Selain itu, tidak ada pembukaan kantin di zona pendidikan. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *