10 Hektare Sawah di Desa Tugujaya Teraliri Air

by -

METROPOLITAN – Sepuluh hektare sawah di Desa Tu­gujaya, Kecamatan Cigom­bong, Kabupaten Bogor, bakal teraliri air. Hal ini di­pastikan setelah irigasi dengan panjang 410 meter, lebar 40 sentimeter dan tinggi 60 sen­timeter itu selesai dibangun. Pembangunan ini merupakan Program Percepatan Pening­katan Tataguna Air Irigasi (P3-TGAI) yang diluncurkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) melalui Dit­jen Sumber Daya Air.

Bendahara Kelompok P3- TGAI Cai Bina Jaya Mandiri Desa Tugujaya, Ridwan, men­gatakan, pembangunan ja­ringan irigasi tersebut cukup memakan waktu karena ada batu pondasi bangunan lama yang berserakan di tengah saluran air, namun akhirnya panjang pembangunan men­jadi 410 meter. ”Dalam RAB kan hanya 390 meter, jadi sekarang ditambah menjadi 410 meter dengan pasangan batu dari pondasi yang lama,” jelasnya.

Baca Juga  Sawah di Jonggol dan Cariu Kekeringan Lagi

Untuk kelompok P3-TGAI Cai Bina Jaya Mandiri memang masih baru. Sebab, sebelum­nya anggota kelompok itu berstatus kelompok tani. Dengan dibangunnya saluran ini, sedikitnya 10 hektare area sawah bisa tercukupi untuk pasokan airnya. ”Para pe­tani pun akan lebih terban­tu dalam meningkatkan hasil panennya. Dengan begitu, mudah-mudahan secara ekonomi bisa mening­kat,” pungkasnya. (wan/b/ yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *