37 Sekolah di Kota Bogor Bakal Gelar Uji Coba PTM, Ini Warning dari Dedie A Rachim

by -

METROPOLITAN.id – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim memberikan warning kepada 37 sekolah yang akan menggelar uji coba Pembelajaran Tatap Muka pada Senin (31/5) besok.

“Uji coba PTM besok harus menjadi momentum perubahan sikap dan perilaku kita dalam menjalankan hidup sehari-hari, terutama dalam meningkatkan kesadararan hidup bersih dan sehat serta menghargai lingkungan sekitar,” kata Dedie kepada Metropolitan.id, Minggu (30/5).

Dijelaskan Wakil Wali Kota Bogor, syarat pelaksanaan PTM adalah status zona wilayah harus kuning dan hijau. Karena itu, jadwal pelaksanaan uji coba PTM di Kota Bogor sempat tertunda dari rencana yang ditetapkan pada 24 Mei lalu.

“Jadi Kota Bogor baru uji coba dan belum bisa dilaksanakan secara menyeluruh normal,” ucap Dedie.

Baca Juga  Sopir Bus Pasien Covid-19 Bogor yang Kecelakaan di Tol Jagorawi Bisa Jadi Tersangka

Dedie juga menyebut, dalam pelaksanaan uji coba PTM ada berbagai syarat, kriteria dan ketentuannya, semisal kapasitas 50 persen, pengecekan suhu, pengaturan jaga jarak hingga penyemprotan disinfektan secara berkala.

Menurutnya, apabila saat uji coba PTM ada anak yang suhu badannya tidak sesuai ketentuan, maka harus dipisah, sehingga setiap sekolah harus menyiapkan ruang isolasi.

Sebelum dilaksanakan PTM pihak sekolah juga melakukan pemeriksaan terhadap kualitas gedung dan tenaga pengajar.

Karena sudah satu tahun setengah seluruh sekolah di Kota Bogor tidak menggelar PTM, tentunya harus disiapkan kembali dengan adaptasi kebiasaan baru.

Selain itu, setiap murid yang melaksanakan PTM juga harus mengantungi izin dari orangtua secara tertulis.

Baca Juga  Sungai Cidangder Meluap Lagi, Kampung Kadaung Kembali Porak Poranda

“Untuk mempertemukan berbagai kekawatiran itu, kita pastikan semua sarana prasarana mendukung dan SOP juga mendukung, termasuk infrastuktur regulasinya juga. Jadi sekarang dicoba kembali setelah satu setengah tahun PTM vakum. Kita harap semuanya mengikuti aturan dan persyaratannya,” beber Dedie.

Ia juga menerangkan bahwa kedepannya memang akan ada peralihan dari sistem pendidikan konvensional menjadi Hybrid, dengan adanya model sistem baru tersebut, Dedie memastikan akan membuat siwa memiliki kemampuan cukup, kompetensi dan memiliki batas nilai memadai untuk naik ke jenjang berikutnya.

Sebelumnya, Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bogor akan dimulai besok, Senin (31/5). Sebanyak 37 sekolah akan melaksanakan PTM selama dua pekan.

Baca Juga  Basemen Blok F Pasar Kebonkembang Kebanjiran Jelang Peresmian, Dedie Rachim Bilang Begini

Pelaksanaan uji coba PTM sendiri akan dikawal langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah beserta jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

“Saya bersama pak wali kota akan memantau di SMPN 15. Untuk bu sekda di SMPN 6, didampingi dari Disdik,” kata Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi kepada Metropolitan.id, Minggu (30/5). “(Masuk sekolah) Jam 7-an,” sambungnya.

Menurutnya, tahap pertama uji coba PTM ini baru akan dilaksanakan di 37 sekolah yang ada di Kota Bogor. Sebab, untuk 36 sekolah tingkat SD masih dalam tahap verifikasi.

“Baru smp dulu 37. SD kemudian, karena SD verifikasi sedang berjalan,” ucap Hanafi. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *