491 Napi Paledang Terima Remisi Idul Fitri

by -

METROPOLITAN – Sebanyak 491 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Paledang Bogor mendapatkan pengurangan masa waktu kurungan tahanan. Pengurangan ini diberikan melalui program remisi khusus Idul Fitri 1442 H atau tahun 2021.

Berdasarkan catatan yang diterma Harian Metropolitan, ke-491 WBP itu mendapatkan program remisi dengan durasi pengurangan masa tahanan yang berbeda-beda. Mulai dari pengurangan waktu kurungan selama 15 hari hingga jangka waktu dua bulan.

“Total ada 491 WBP yang mendapatkan remisi Idul Fitri tahun ini. Terdiri dari 489 orang dengan kategori Remisi Khusus I (286 orang kasus narkoba dan 203 orang tindak pidana lain) dan dua orang Remisi Khusus II (kasus narkoba),” kata Kepala Lapas Kelas IIA Paledang Bogor, Yohanes Waskito melalui rilis yang diterima Harian Metropolitan, kemarin.

Baca Juga  Ini Kronologis Terpaparnya Puluhan Warga Perumahan di Bogor yang Kena Covid

Adapun rincian pengurangan masa waktu kurungan tahanan bagi 491 WBP itu terdiri dari 75 orang mendapatkan pengurangan waktu kurungan selama 15 hari, 328 orang selama satu bulan dan 82 orang selama 1 bulan 15 hari. “Untuk WBP yang menerima pengurangan waktu kurungan selama dua bulan ada sebanyak 6 orang,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Remisi juga diatur pada Peraturan Presiden (PP) No 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, Perubahan Pertama PP No.28 Tahun 2006, Perubahan Kedua PP No.99 Tahun 2012.

Baca Juga  KRB Cuma Buka Buat Warga Bogor

Aturan lain, Keputusan Presiden Nomor 174 Tahun 1999 dan peraturan Menteri No 3 Tahun 2018 tentang pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Artinya, remisi itu merupakan hak yang diberikan negara pada para narapidana. Namun, pemberian remisi juga diharapkan dapat memotivasi narapidana untuk penyadaran diri. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *