5.000 Tanaman Kota Bogor Senilai Rp2,3 Triliun bakal Diekspor

by -

METROPOLITAN – Sekitar 5.000 tanaman hias bakal dieks­por ke mancanegara dari Kota Bogor, pada Kamis (6/5).

Rencananya, ekspor senilai Rp2,3 triliun itu akan dilun­curkan langsung Presiden RI Joko Widodo di Pasar Tanaman Hias Jungle Fest.

Ekspor tanaman hias itu me­libatkan 25 eksportir dari seluruh Indonesia. Salah sa­tunya Minaqu Home Nature yang ikut memelopori para petani-petani dari Kota Hujan.

CEO Minaqu Home Nature, Ade Wardhana Adinata, men­jelaskan ekspor perdana itu sebagai wujud program Gera­kan Tiga Kali Ekspor (Geratieks) dari Kementerian Pertanian RI. Karena itu, jadwal pelun­curan ekspor tersebut akan dihadiri langsung orang nomor satu RI.

“Kalau dari rencana awal, jadwalnya mau datang (dalam ekspor perdana, red). Pak Men­teri (Pertanian Syahrul Yasin Limpo, red) juga pasti ikut dalam acara itu nantinya,” katanya, kemarin.

Baca Juga  Aktivis Ini Ajak Budidaya Tanaman Hias

Ia menjabarkan, tanaman-tanaman itu bakal diekspor ke Inggris, Florida, Amerika, dan Kanada. Negara-negara itu menjadi bagian dari kerja sama ekspor yang akan terus dijalankan hingga program tersebut usai. Harapannya, tanaman hias asli Indonesia bisa terus digemari masyara­kat mancanegara.

Selain ekspor perdana, aca­ra yang melibatkan pemerin­tah pusat itu juga akan dirang­kaikan dengan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke seratus petani tanaman hias. Masing-masing memperoleh modal Rp50 juta yang dijem­batani Minaqu.

“Alhamdulillah, banyak yang merasakan manfaat dari eks­por, karena mampu survive dari kondisi pandemi ini. Ter­nyata tanaman hias malah bisa menjadi satu bisnis yang sangat menjanjikan,” tandas­nya. (rb/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *