Aktivis Desak Dishub Pasang PJU di Jalan Penghubung Ciseeng-Rumpin

by -

METROPOLITAN – Sejum­lah ruas jalan di Kecamatan Rumpin dan beberapa akses menuju kecamatan tersebut banyak yang gelap karena minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU). Kondisi itu membuat beberapa titik ruas jalan menjadi sangat rawan kecelakaan dan rawan aksi tindak kejahatan. Salah satu­nya akses jalan dari mulai Desa Putatnutug, Kecamatan Ciseeng, hingga ruas Jalan Jembatan Gerendong, Keca­matan Rumpin.

Ketua Himpunan Maha­siswa Rumpin (HMR) Ibnu Sakti Mubarok mengatakan, kegelapan di beberapa ruas jalan utama, serta jalan pen­ghubung, disebabkan tidak adanya sarana prasarana yang harusnya bisa dinikmati ma­syarakat, seperti PJU.

”Padahal setiap bulan, war­ga Rumpin ikut juga bayar pajak untuk PJU. Tapi tetap saja masih ada beberapa ruas jalan utama yang masih dihantui kegelapan sehingga bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Ibnu.

Baca Juga  Jelang Malam, Jalan Pabangbon Gelap Gulita

Ia berharap dinas terkait agar lebih transparan, lebih ino­vatif, dan responsif dalam memberikan pelayanan sara­na prasarana kepentingan publik.

”Apalagi sesuai pernyataan bupati Bogor, kalau Rumpin bisa jadi alternatif Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat. Se­hingga sudah seharusnya ada penyesuaian antara wajah suatu wilayah alternatif Ibu Kota dan kenyataannya di lapangan,” tegas Ibnu.

Sementara itu, Ketua AGJT Junaidi Adi Putra mengatakan, sudah banyak informasi dari masyarakat bahwa akibat ja­lan yang gelap tanpa PJU membuat banyak kecelakaan dan aksi kejahatan.

”Sudah sepatutnya pihak dinas terkait dan UPT yang ada di wilayah bekerja mak­simal. Termasuk bersinergi dengan pihak keamanan. Jika perlu dibuat posko jaga kamtib­mas di lokasi lokasi rawan tersebut,” pinta Junaedi.

Baca Juga  Minim Penerangan, Warga Nangerang Cicurug Minta Pasang PJU

Sementara itu, Sekretaris Ciseeng (Sekcam) Agus So­pian mengaku sudah berko­ordinasi dengan pihak UPT pada Dinas Perhubungan agar lokasi tersebut bisa dipasang PJU kembali.

“Daerah situ memang rawan. Kita sudah koordinasi dengan pihak UPT agar segera dipa­sang PJU,” pungkas Agus. (mul/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *