Alhamdulillah.. Salat Idul Fitri di Bogor Tetap Diperbolehkan dengan Prokes, Bima Arya : Yang Ditiadakan itu Tingkat Kota

by -
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meninjau kepadatan Stasiun Bogor. (Foto : Rivaldy/Magang-Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Pelaksanaan salat Idul Fitri untuk Ramadan tahun ini resmi ditiadakan untuk di tingkat kota saja, yang biasanya digelar di lapangan Kebun Raya Bogor (KRB). Sementara untuk masjid-masjid di wilayah pemukiman, tetap diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya.

“Jadi Informasi peniadaan Salat Idul Fitri sama sekali tidak benar,” katanya.

Ia menambahkan, sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Agama, salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah /2021 tetap diperbolehkan. Namun untuk wilayah-wilayah tertentu, satgas kota bisa mengeluarkan kebijakan khusus untuk mengantisipasi lonjakan.

“Karena itu kami (Satgas Kota Bogor, red) sepakat salat Idul Fitri diperbolehkan. Tetapi kalau biasanya ada salat Idul Fitri tingkat kota, terbuka dan dihadiri Forkompinda serta yang lain, itu yang ditiadakan.

Kemudian salat Idul Fitri yang biasanya ada di Kebun Raya Bogor, itu juga tidak diadakan. Namun di masjid-masjid wilayah tetap ada dan dipersilahkan dengan catatan penerapan protokol kesehatan,” ujar Bima Arya.

Baca Juga  Lahan Waduk Ciawi Masih Dikuasai Biong

Ia pun meyakinkan masyarakat bahwa Pemkot Bogor sama sekali tidak melarang salat Idul Fitri. Hanya saja, yang ditiadakan adalah salat Idul Fitri di tingkat kota. Di mana pada tahun-tahun sebelum pandemi, salat Idul Fitri tingkat kota merupakan tradisi tiap tahun Forkopimda berkumpul di ruang terbuka.

“Peniadaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 tingkat kota di Kebun Raya Bogor sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat untuk mencegah kerumunan,” tutup Bima Arya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *