BRI Siapkan Cash hingga Rp36,7 M selama Libur Lebaran

by -

METROPOLITAN – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen membe­rikan layanan perbankan yang optimal selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 2021. Direktur Jaringan dan Laya­nan BRI, Arga M Nugraha, mengaku pihaknya akan te­tap beroperasi dengan mem­berikan layanan terbatas pada 12 dan 15 Mei 2021.

“Layanan terbatas BRI akan hadir di 184 kantor, di mana masyarakat tetap dapat mem­buka rekening, penarikan dan penyetoran simpanan, seto­ran pinjaman, complain handling, serta jual-beli bank notes,” katanya dalam kon­ferensi pers secara virtual, Senin (3/5).

Arga melanjutkan, sebagai langkah antisipasi akan ke­butuhan uang tunai di tengah masyarakat, pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan kas dengan total Rp36,7 triliun yang dialokasikan untuk mesin ATM, CRM, dan juga untuk layanan Unit Kerja Operasional (UKO).

Baca Juga  BRI Turunkan Suku Bunga Kredit

Selain itu, untuk me­menuhi kebutuhan masyarakat, BRI juga menyediakan layanan penukaran Uang Pe­cahan Kecil (UPK) di 20 kantor cabang BRI se-Jabodetabek yang telah mulai d i laksanakan pada 13 April lalu hingga menje­lang libur pada 11 Mei.

“Uang kas yang disiapkan BRI tahun ini meningkat se­besar delapan persen apa­bila dibandingkan dengan nominal realisasi tahun lalu. Hal tersebut disebabkan ka­rena mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyara­kat. Jumlah ini juga telah mempertimbangkan adanya migrasi atau bergesernya pola transaksi nasabah BRI dari sebelumnya transaksi tunai menjadi transaksi di­gital atau nontunai,” tuturnya.

BRI juga mengimbau nasa­bah dapat bertransaksi se­cara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital. Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan Digital Banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo.

Baca Juga  Antre Sejak Subuh, Warga Berkerumun di Bank BRI Urus Bantuan UMKM dan BPUM

“Dengan menggunakan BRImo, masyarakat akan le­bih mudah melakukan tran­saksi karena dapat dilakukan dari mana pun dan kapan pun. Selain itu, dengan men­gurangi transaksi tunai dan beralih menggunakan mo­bile banking, maka dapat mengurangi penyebaran virus,” ungkapnya.

Selain outlet konvensional, ia menyebut masyarakat memiliki alternatif lain un­tuk mendapatkan layanan keuangan BRI. Di antaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang ter­sebar di seluruh Indonesia. Agen BRILink memberikan layanan transaksi perbankan seperti transfer, setor dan tarik tunai, pembayaran ta­gihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan refer­ral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan transaksi lainnya.

Baca Juga  Masa Pandemi, BRI Selektif Kucurkan Kredit

Melalui kemudahan akses layanan perbankan, BRILink dapat menjangkau masyara­kat lebih dekat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Saat ini, Agen BRILink telah melaya­ni masyarakat di 54,6 ribu desa, atau lebih dari 70 per­sen jumlah desa di seluruh Indonesia. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *