Bupati Ajak Anak Buah Bayar Zakat lewat Baznas

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga perangkat desa yang bera­gama Islam di lingkup Pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di semua tingkatan untuk membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu disampaikan saat meluncur­kan Gerakan Cinta Zakat di Lobi Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (4/5).

Peluncuran itu ditandai pembayaran zakat bupati dan wakil bupati Bogor. “Gerakan Cinta Zakat ini diharapkan dapat meningkatkan partisi­pasi masyarakat dalam menu­naikan zakat, infak, sedekah, dan memastikan penyaluran­nya tepat sasaran betul-betul sampai pada saudara-sauda­ra kita yang membutuhkan,” kata Ade Yasin.

Zakat, lanjut Ade, merupa­kan salah satu instrumen pemberdayaan ekonomi umat. Untuk itu, kepada Baznas dan para Unit Pengumpul Zakat (UPZ), agar mendorong ma­syarakat menjadikan zakat sebagai strategi pemulihan ekonomi. Maksimalkan pen­gumpulan zakat dan peng­elolaannya agar dapat mem­berikan dampak signifikan pada pemulihan ekonomi masyarakat.

Baca Juga  BAZNAS SIAPKAN 3.000 KUPON BANTUAN

“Zakat harus dikelola se­cara amanah. Untuk itu, Baz­nas harus senantiasa men­jaga agar profesional, trans­paran, dan akuntabel dalam pengelolaan zakat untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. Optimalkan UPZ sampai tingkat desa. Dan jangan hanya menargetkan pemasukan zakat dari ASN saja, tapi harus bisa merang­kul BUMN, BUMD, dan pe­rusahaan swasta di semua sektor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Baz­nas Kabupaten Bogor Les­mana mengaku pihaknya berkomitmen menjadi peng­elola zakat yang andal. Pada 2020 lalu Baznas berhasil menghimpun zakat lebih dari Rp10 miliar atau mele­bihi target dan 49,2 persen lebih tinggi dari pengumpu­lan pada 2019. Pada 2021 Baznas memiliki target Rp12 miliar.

“Baznas senantiasa mendu­kung program Pancakarsa bupati dan wakil bupati Bogor untuk mewujudkan kesalehan sosial dan terwujudnya visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban. Dengan program unggulan Baznas, Bogor Takwa, Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Peduli, dan Bogor Makmur,” jelasnya.

Baca Juga  Pendidikan Holistik Berbasis Karakter

Dalam kesempatan itu, pi­haknya juga tak lupa mengu­capkan terima kasih kepada para muzaki, khususnya ASN, pegawai BUMD, hingga pe­rangkat desa di lingkup Pem­kab Bogor yang telah meny­alurkan zakat, infak, dan se­dekahnya melalui Baznas Kabupaten Bogor.

”Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurna­kan ibadah puasa kita, me­nyempurnakan ketakwaan, serta ketaatan kita kepada Allah SWT,” tandasnya. (*/rez/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *