Cegah Kerumunan, BPJS Kesehatan Terapkan Antrean Online

by -

METROPOLITAN – Mengik­uti kAdd Newemajuan teknologi pada masa industri 4.0 dituntut berinovasi dalam kemudahan dan simplifikasi pelayanan. Termasuk BPJS Kesehatan yang terus meningkatkan mutu layanan operasional maupun memenuhi kebutu­han stakeholder. Sejalan dengan itu, BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi Mo­bile JKN pada smartphone.

Aplikasi Mobile JKN dilen­gkapi fitur/menu dari tiap fasilitas-fasilitas yang diberi­kan BPJS Kesehatan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Salah satu menu di aplikasi Mobile JKN adalah Pendaf­taran Pelayanan yang meru­pakan antrean online adalah solusi atas kasus antrean yang membeludak di Fasilitas Kese­hatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti di puskesmas, klinik.

Pada kegiatan acara Media Gathering Ngopi JKN yang dihadiri insan media berbeda, Kepala Bidang Penjamin Man­faat Primer (PMP) Diana Mustikasari memberikan pa­paran terkait antrean online FKTP dalam upaya pening­katan kepuasan peserta.

Baca Juga  Kartu Sehat Bekasi Berubah Nama Mulai 2020

“Penggunaan aplikasi Mo­bile JKN membuat pasien tidak perlu antre terlalu lama karena cukup mendaftar lewat apli­kasi, kemudian sudah muncul nomor antrean, dan peserta bisa memperkirakan jam be­rapa harus datang ke fasilitas kesehatan. Dengan adanya kemudahan pendaftaran an­trean di fasilitas kesehatan melalui Mobile JKN ini, ke­puasan peserta dapat mening­kat,” Ujar Diana, Kamis (29/4).

Aplikasi Mobile JKN sebagai solusi yang memberikan ke­mudahan pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS yang menggunakannya. Ke depan­nya, baik pasien maupun FKTP, sudah memanfaatkan secara maksimal layanan antrean online. Manfaat positif yang dirasakan pasien juga dapat berdampak pada meningkat­nya kepuasan peserta terhadap layanan di FKTP.

“Sebagian besar FKTP sudah memanfaatkan antrean on­line karena manfaat layanan ini bukan hanya didapatkan pasien tapi FKTP juga ber­dampak positif seperti upaya pencegahan transmisi Co­vid-19, mengurangi antrean pendaftaran peserta di FKTP, sistem antrean online otoma­tis terkoneksi dengan Apli­kasi P-Care, dan FKTP terin­formasi lebih awal terkait kondisi peserta, karena pe­serta dapat menuliskan kelu­hannya di Mobile JKN,” im­buhnya.

Baca Juga  BPJS Kesehatan Kenalkan Perpres Nomor 82 Tahun 2018 Bayi Baru Lahir Bisa Langsung Daftar BPJS

Ia menambahkan, sudah se­harusnya masyarakat meman­faatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan kemuda­han pelayanan. BPJS Kesehatan terus berfokus pada peng­embangan inovasi dalam pe­ningkatan mutu layanan yang akan berdampak pada tingkat kepuasan peserta.

”Hal tersebut didukung pe­ran awak media dalam fung­si menyalurkan informasi kepada masyarakat akan salah satu kemudahan layanan se­perti antrean online pada aplikasi Mobile JKN,” tutupnya. (ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *