Cegah Lonjakan Pengunjung, Polisi Blokir Akses ke Pasar Anyar

by -

METROPOLITAN – Pol­resta Bogor Kota melakukan rekayasa lalu lintas di jalan-jalan sekitar kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor. Pan­tauan Metropolitan, akses Jalan Pengadilan menuju Pasar Kebonkembang su­dah ditutup dan hanya diperbolehkan arus lalu lintas sebaliknya.

Penyekatan tersebut ditutup mobil petugas disertai aparat yang berjaga. Penyekatan juga dilakukan kepolisian di Jalan Pengadilan dekat SMP Negeri 2 Bogor dan ditutup sepeda motor milik petugas dengan aparat berjaga.

Meskipun ada penyekatan, arus lalu lintas di Jalan Peng­adilan arah Jalan Jenderal Sudirman terpantau padat dan kemacetan mengular hingga Pasar Anyar. Kema­cetan juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman lantaran kendaraan yang hendak ma­suk Jalan Pengadilan memi­lih putar balik dan masuk ke Pasar Anyar via Jalan Sawo­jajar.

Baca Juga  RK Dukung Paslon RZ di Pilwalkot

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purno­mo Condro, mengatakan, untuk akses menuju Pasar Kebonkembang akan ada dua jalur. Pertama dari Jalan Dewi Sartika dan kedua dari Jalan Sawojajar. Sedang­kan untuk akses keluar hanya ada satu jalur yaitu lewat Jalan Pengadilan.

Apabila ada kepadatan lalu lintas di sekitar Pasar Kebon­kembang, pihaknya akan membagi kendaraan secara situasional. Untuk kendara­an pribadi dari pagi sampai pukul 12:00 WIB. Sedangkan kendaraan umum dari pukul 12:00 sampai 18:00 WIB. “Un­tuk bongkar muat dari pukul 00:00 sampai pukul 09:00 WIB. Hal itu agar tidak ada truk bongkar muat yang parkir lama, karena memenuhi arus jalan,” katanya.

Tak hanya itu, petugas ga­bungan juga menutup akses Jalan MA Salmun bagi ken­daraan menuju Jalan Dewi Sartika atau Pasar Anyar. Ruas jalan tersebut ditutup sementara di kedua arah. Akibatnya, kendaraan yang melintas menuju Pasar Any­ar atau Jalan Dewi Sartika dari arah Jalan Mawar, Jalan Ciwaringin tidak bisa mele­wati Jalan MA Salmun. Penutupan jalan itu dibenar­kan Camat Bogor Tengah, Abdul Wahid.

Baca Juga  Nggak Hanya Jalan Pengadilan, Jalan MA Salmun Arah Pasar Anyar Bogor pun Ditutup

Menurutnya, penutupan Jalan MA Salmun bertujuan memonitor situasi dan kon­disi di Pasar Anyar pada 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri. “Pengunjung yang ke Pasar Anyar sudah banyak sekali. Kita menjaga kekha­watiran yang tidak-tidak. Maka kita lakukan penutupan bersama Dinas Perhubung­an (Dishub), Satpol PP, pol­sek hingga koramil untuk menutup Jalan MA Salmun,” katanya, Rabu (5/5).

Mantan camat Bogor Timur itu mengklaim penutupan jalur tersebut sudah disosia­lisasikan kepada warga. Men­urutnya, warga sekitar me­nyambut baik penutupan akses jalan tersebut untuk meminimalisasi kerumunan. “Sudah kita sosialisasi dan warga juga menyambut baik, karena akses mereka untuk keluar masuk rumah atau area tempat tinggal jadi lebih mudah,” tuntasnya. (ryn/ mam/py)

Baca Juga  Lingkaran Panas di Parkiran Pasar Anyar dan Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *