Ditarget Rampung Desember 2021, Proyek Perpustakaan Daerah Kota Bogor di eks Gedung DPRD Mulai Digarap

by -
DIBANGUN : Terlihat pekerja mulai melakukan penutupan bangunan eks gedung DPRD yang akan disulap jadi Perpustakaan Daerah Kota Bogor. (Foto:Reza/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Ada pemandangan berbeda bila anda melintas di Jalan Kapten Muslihat tepat di depan eks gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.

Nampak pembatas tinggi berada di sekeliling gedung, termasuk batas dengan gedung kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang ada disebelahnya. Nampak seperti bangunan yang akan direnovasi.

Menurut rencana, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menyulap eks kantor wakil rakyat di lingkungan Balai Kota Bogor itu menjadi Perpustakaan Daerah Kota Bogor.

Rupanya rencana tersebut sudah mulai terlaksana di sisa tahun anggaran 2021. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Diskarpus) Kota Bogor Agung Prihanto.

Ia mengatakan bahwa pembangunan Perpustakaan Daerah sudah selesai proses tender dan sudah dimulai. Pelaksanaan akan berlangsung hingga tujuh bulan kedepan atau hingga pertengahan Desember mendatang.

Baca Juga  Korupsi Dana BOS Terungkap, Disdik Bogor Masih Bungkam

“Sudah mulai. Waktu pelaksanaan sih tujuh bulan, sampai pertengahan Desember lah. Secara formal sudah masuk masa pelaksanaan,” katanya kepada Metropolitan.id, Kamis (27/5).

Terkait nilai pekerjaan, sambung dia, setelah proses tender akhirnya ditetapkan satu pemenang dengan nilai penawaran Rp13,6 miliar. Dari pagu anggaran Rp14,1 miliar.

“Dapat pemenang lelang di angka Rp13,6 miliar,” imbuh Agung.

Ia menambahkan, secara teknis pembangunan masih sama dengan rencana yang sudah ada. Selain ada perpustakaan dengan buku-buku yang bisa dibaca warga, nantinya Perpustakaan Daerah Kota Bogor akan menyajikan galeri yang menampilkan arsip Kota Bogor.

Hingga pembangunan Command Center yang selama ini belum dipunyai Pemkot Bogor.

“Iya betul. Selain galeri, ada tambahan pembangunan Command Center di Lantai 4. Mohon doanya agar pelaksanaan lancar dan warga Bogor punya Perpustakaan Daerah yang representatif,” tukas Agung.

Baca Juga  Yuk Kenali Tanda Kanker Testis

Menilik laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, pekerjaan dengan nama paket Revitalisasi Gedung Perpustakaan sudah masuk lelang sejak April lalu dan turun surat penunjukan penyedia barang/jasa pada Mei 2021.

Pembangunan dengan sumber dana APBD 2021 itu akan dikerjakan oleh PT Artikon Dimensi Indonesia yang melakukan penawaran Rp13,6 miliar.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya pernah menuturkan, Perpustakaan Daerah Kota Bogor nantinya akan terdapat buku-buku yang bisa dibaca oleh warga Bogor hingga fasilitas yang bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan komunitas.

Selain itu, pada eks gedung DPRD itu akan dibangun Command Center, yang selama ini belum dimiliki oleh Kota Bogor.

Baca Juga  Terbang ke Kazakhstan, Ivana Roderica Wakili Indonesia di Kejuaraan Dunia Menembak

“Nanti untuk memonitor kota bisa dari situ, ada satu ruangan disitu. Semua CCTV kota pusatnya disitu, karena selama ini belum ada. Selain gedung perpustakaan, arahnya ada command center dan juga ada kafetaria,” ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku tidak akan melakukan perubahan pada struktur bangunan yang sudah ada. Pekerjaan hanya sedikit renovasi dan polesan saja tanpa merubah bangunan eksisting.

“Sedangkan untuk bekas ruang paripurna akan dijadikan ruang mini teater. Jadi kalau ada tamu-tamu datang, bisa disuguhi dengan video-video tentang Kota Bogor disitu,” tuntas Bima. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *