IPB bakal Libatkan Mahasiswa Dampingi Petani Bogor

by -
Wabup Bogor bersama Dekan ungkapnya. Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Nunung Nuryantono saat FGD di Hotel Alana Sentul. Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor

METROPOLITAN.id – Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebut potensi pertanian di Kabupaten Bogor untuk sentra pertanian penghasil beras  terbesar ada di wilayah Bogor Timur. Sementara  di Barat ada di Jasinga, Pamijahan, Tenjo.

Ia juga mengatakan, Bogor Timur juga menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di Jawa Barat. Menurut Iwan, potensi ini harus didukung untuk meningkatkan perekonomian para petani, terlebih di kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kita harus hadir jadi pahlawan untuk membantu para petani, saya berkomitmen akan berkolaborasi dengan berbagai pihak salah satunya IPB . Kita siap support baik itu sarana prasarana bila perlu ada anggaran pendampingan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Nunung Nuryantono menambahkan, Kabupaten Bogor memiliki program Pancakarsa melalui kolaborasi dan kerjasama yang dikonsep melalui FGD, dirinya siap mendukung terhadap peningkatan kesejahteraan petani, pelaku UMKM dan terwujudnya program Pancakarsa di Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Ternyata Ini Alasan Zodiak Gemini Terlihat Menarik di Mata Pasangannya

Berbicara dengan inklusi keuangan tidak terlepas dari konteks bagaimana jadi salah satu bagian mendukung pembangunan daerah. “Dengan cara kreatif inilah upaya kita untuk dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Kita juga di Kecamatan Jonggol sedang mengembangkan tanaman singkong untuk kita jadikan tepung komposit yang dapat menghasilkan nilai ekonomi tinggi,” katanya.

Nunung juga mengaku siap bekerjasama dengan Pemkab Bogor dengan mengeksplore mahasiswa IPB menjadi pendamping para petani, langsung terjun ke lapangan. “Mahasiswa akan dilibatkan untuk dapat berkolaborasi menghasilkan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian di Kabupaten Bogor,” ungkapnya. (*/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *