Jamkrindo Ingin UMKM Dapat Penjaminan Go Digital

by -

METROPOLITAN – Perusa­haan pelat merah, PT Jamkr­indo, memberikan jaminan pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam program Pe­mulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp14,4 triliun per April 2021.

Direktur Bisnis Penjaminan PT Jamkrindo Suwarsito men­gungkapkan, dari seluruh sek­tor UMKM yang diberikan ja­minan perseroan, sektor per­dagangan menjadi sektor ter­banyak baik dari sisi Kredit Modal Kerja (KMK) dalam maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Sektor yang paling banyak adalah sektor jasa perdagang­an, baik itu untuk yang menda­patkan penjaminan PEN mau­pun yang KUR,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (30/4).

Ia mengatakan, hal yang men­jadi tantangan perseroan ada­lah membuat UMKM meram­bah ke digital. Sebab, secara umum masih banyak pelaku usaha yang dijamin oleh Jam­krindo merupakan pelaku usaha yang menjalankan ke­giatan usahanya secara luring (offline).

Baca Juga  Pemkab Sosialisasikan Program Pinjaman Tanpa Bunga

Menurutnya, kondisi ini perlu menjadi perhatian ber­sama dan diupayakan oleh berbagai pemangku kepen­tingan terkait. Sebab, dalam situasi yang masih diselimuti pandemi Covid-19, UMKM cenderung lebih mampu ber­tahan melalui go digital.

Sebelumnya, PT Jamkrindo bersama dengan anak usaha­nya PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) telah mela­kukan penjaminan senilai Rp 14,4 triliun, yang terdiri dari PT Jamkrindo senilai Rp9,9 triliun dan PT Jamsyar senilai Rp4,5 triliun.

PT Jamkrindo dan PT Jam­syar tercatat sudah memberikan penjaminan kepada 936.731 debitur yakni para pelaku usaha yang telah mendapatkan KMK yang disalurkan oleh bank. (jp/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *