Kelompok Rentan Jadi Sasaran Vaksinasi Gelombang ke-3

by -

METROPOITAN.id – Kelompok masyarakat rentan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 gelombang ke-3. Vaksinasi gelombang ke-3 ini sudah berjalan sejak Mei lalu.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, ada tiga kriteria prioritas penerima vaksin kali ini. Di antaranya daerah yang memiliki angka kejadian tinggi, hingga kelompok orang dengan disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“Kriteria pertama adalah masyarakat rentan. Masyarakat ini masyarakat yang dilihat dari aspek geospasial mereka yang tinggal di daerah secara geografis atau kewilayahan memiliki angka kejadian Covid-19 yang tinggi, atau terjadi kasus Covid-19 yang cenderung tidak mengalami penurunan,” ujar Siti Nadia saat Dialog Produktif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu, (18/5).

Selanjutnya, untuk kriteria kedua, masyarakat yang masuk prioritas dilihat dari aspek ekonomi dan sosial. Aspek ini sangat luas, masyarakat yang ekonominta lemah dan secara sosial kurang beruntung akan didahulukan menerima vaksin.

Baca Juga  Keluarga A6 Positif COVID-19, Aurel Hermansyah: Stay Safe Guys!

“Termasuk kelompok orang dengan disabilitas, ODGJ. Ini yang kita dahulukan proses vaksinasinya,” terangnya.

Menurut Nadia, di beberapa tempat khusus, vaksinasi untuk masyarakat rentan dengan aspek ekonomi sosial ini sudah berjalan, salah satunya di Provinsi DKI Jakarta.

DKI Jakarta menjadi pilihan karena memiliki kasus Covid-19 yang cenderung terus meninggi. Selain itu, karena DKI Jakarta daerah urban, variasi masyarakatnya sangat beragam dengan diversitas status sosial yang juga beragam.

“Kemarin DKI Jakarta sudah memulai, ini menjadi suatu pilot project sebelum kita
melakukannya secara nasional,” ungkap Nadia.

Sementara itu, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, program vaksinasi gelombang ke-3 yang menyasar masyarakat rentan telah dilakukan sejak 5 Mei 2021.

Baca Juga  Cantiknya Padang Bunga Lavender di Perancis Selatan

Langkah ini sesuai dengan surat edaran dari Kemenkes, di mana DKI Jakarta diminta melakukan vaksinasi pada masyarakat rentan, terutama di kawasan kumuh. Atas dasar itu, pihaknya melakukan tindak lanjut dengan melakukan pemetaan.

“Masyarakat di sini kita bagi 3 zona, yakni 445 RW yang sedang dalam proses prioritas untuk penataan pemukiman yang tertuang dalam Pergub Nomor 90 Tahun 2018. Kedua, adanya RW tempat transmisi lokal dari virus mutasi atau varian baru yang ditemukan varian India. Ketiga, RT Zona PPKM Mikro yakni berupa zonasi merah dan oranye,” papar Ngabila.

Sejak dilaksanakan mulai 5 Mei lalu, hingga saat ini tercatat sudah ada 140 ribu lebih masyarakat rentan di DKI Jakarta yang telah divaksin Covid-19.

Baca Juga  Kampanye Prabowo Sebut Koruptor Tobat Diberi Pensiun

“Tahap 3 dari sasaran menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terhadap alokasi dan target yang diberikan kepada DKI Jakarta. Tapi, untuk kelompok tadi, masyarakat rentan sudah dimulai dan saat ini sudah vaksinasi sekitar dari tanggal 5 sampai saat ini mencapai 142 ribu,” tandasnya. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *