Kemendikbudristek Gelar Pameran Virtual Merdeka Belajar

by -

METROPOLITAN – Kemen­terian Pendidikan, Kebu­dayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meng­gelar pameran virtual dalam memperingati Hari Pendidi­kan Nasional (Hardiknas) 2021. Pameran tersebut me­nyajikan program-program Merdeka Belajar yang sudah dicanangkan.

“Para pengunjung dapat menikmati pameran virtual ini di mana saja dan kapan saja melalui gawainya. Pa­meran ini juga menyajikan program Merdeka Belajar dari episode 1 sampai 10 serta beragam layanan dan program lainnya yang telah dikembangkan Kemendik­budristek,” ungkap Mendik­budristek, Nadiem Makarim, dalam Pembukaan Pameran Virtual Hardiknas 2021.

Pameran akan berlangsung mulai 21 Mei 2021 hingga 23 Mei 2021. Harapannya, pa­meran virtual Hardiknas 2021 ini dapat memantik inovasi-inovasi dalam dunia pendi­dikan.

“Sebagai bentuk pelayanan Kementerian serta mendorong ide-ide kreatif yang diper­sembahkan masyarakat un­tuk masyarakat,” ujar Nadiem.

Baca Juga  SMA Kosgoro Adakan Workshop Menemu Baling

Kemudian, peringatan Har­diknas ini juga menjadi se­buah refleksi dalam sistem pendidikan tanah air. Di mana dengan cerminan kon­disi saat ini, ditemukan so­lusi atas permasalahan dunia pendidikan di Indonesia.

”Solusi atau gerakan yang mengarah pada perubahan dan saat pandemi seperti ini kita semua menyaksikan se­cara lebih jelas hal-hal apa saja yang harus kita tangani di dunia pendidikan,” tutur­nya.

Menurut Nadiem, peringa­tan ini adalah momen terbaik untuk mengobati dan men­gubah pola pikir masyarakat Indonesia. Menjadi tanda tanya besar di benak publik, mengapa sampai hari ini masih banyak anak-anak In­donesia yang tidak bisa meng­gapai cita-citanya karena putus sekolah hingga menga­pa akses terhadap pendidikan masih tidak merata.

Baca Juga  Tingkatkan Kinerja, 62 Pejabat Kemendikbudristek Dilantik

“Yang paling penting untuk kita pertanyakan mengapa masih banyak anak-anak In­donesia yang belum mer­deka dalam belajar. Butuh proses panjang dan perju­angan yang tidak kenal patah semangat untuk mewujudkan kemerdekaan belajar dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Pulau Rote. Mari satukan langkah bergerak bersama mewujud­kan Merdeka Belajar,” pung­kasnya.(jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.