Kemendikbudristek Rekrut 700 Pelatih Ahli Sekolah Penggerak

by -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih membuka kesempatan bagi calon pelatih ahli program Sekolah Penggerak 2021 hingga 5 Juni 2021. Saat ini telah tercatat lebih dari 10.000 calon pelatih ahli dan akan dipilih 700 orang dengan kualifikasi terbaik.

MENDIKBUDRISTEK, Na­diem Makarim, mengajak akademisi, praktisi pendidikan, widyaiswara dan pengawas sekolah di 111 kabupaten/ kota daerah sasaran program untuk berpartisipasi. Selain itu, ia juga mengajak pensiu­nan kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru yang me­miliki komitmen berpartisi­pasi memajukan ekosistem pendidikan.

”Kesempatan untuk men­jadi pelatih ahli adalah ke­sempatan untuk berkontri­busi dalam upaya gotong-royong mentransformasi pendidikan Indonesia, belajar dan berbagi bersama penga­was, kepala sekolah dan guru di daerah sasaran serta ber­jejaring dengan berbagai pe­mangku kepentingan pendi­dikan dan komunitas dalam program Sekolah Penggerak,” ungkap dalam keterangannya, Minggu (30/5).

Baca Juga  Kemendikbudristek Beri ’Warning’ ke Pemda soal PTM

Menurut Nadiem, transfor­masi pendidikan Indonesia tidak akan berjalan sempur­na tanpa adanya semangat gotong-royong. “Kami men­cari pelatih ahli terbaik, ber­integritas, percaya pada pe­rubahan dan bersedia turut serta bergotong-royong me­majukan pendidikan Indo­nesia,” ujarnya.

Adapun pelatih ahli Sekolah Penggerak akan berperan sebagai pendamping dan pendukung bagi kepala seko­lah, guru/pendidik dan peng­awas sekolah/penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Sebagai pelatih ahli, mereka juga akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu ka­bupaten selama minimal satu tahun.

Lalu, pelatih ahli akan ber­tugas mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku ke­pentingan di setiap kabupaten/ kota di Indonesia. Untuk pendaftaran dan rekrutmen tahap pertama bagi Calon Pelatih Ahli Sekolah Pengge­rak 2021 dibuka sejak 23 April sampai 5 Juni 2021.

Baca Juga  Percepat Program Kampus Merdeka, Kemendikbudristek Mulai Berdayakan Duta

Tahap pertama ini terdiri dari pengisian biodata, pengi­sian esai dan seleksi adminis­trasi. Tahap kedua meliputi simulasi melatih dan wawan­cara akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni s.d. 2 Juli 2021.

Selanjutnya, tahap ketiga adalah tahapan untuk men­gunggah surat kesehatan dan bimbingan teknis kepada yang lolos seleksi tahap kedua. Ke­mudian, tahap keempat ada­lah pengumuman dan pene­tapan hasil seleksi pelatih ahli angkatan pertama, yaitu pada bulan Agustus 2021. (jpc/ feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *