Melongok Pembangunan Waduk Ceger, Jadi Solusi Kurangi Dampak Banjir

by -

Waduk di Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, digeber dengan perencanaan 2019 melalui Musrenbang Kecamatan. Sementara untuk pembangunan Waduk Ceger dilaksanakan November dan Desember 2020. Dengan adanya waduk ini, diyakini dapat mengurangi dampak banjir khususnya di Kelurahan Ceger.

MENURUT Pengawas PPSU Kelurahan Ceger, Sarpin Su­daryo, waduk ini sangat mem­bantu mengurangi debit air saat musim penghujan, khu­susnya RT 01 dan RT 02/05, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

” Program ini dimulai 2019. Kita coba ajukan melalui Mus­renbang. Karena waktu itu Covid sempat berhenti, Al­hamdulillah berjalan kem­bali setelah melalui Musren­bang berikutnya. Camat mey­etujui pengerjaannya dilaku­kan sendiri secara manual. Kita berkolaborasi dari PPSU dan Sudin Tata Air dikerjakan selama 70 hari,” imbuhnya.

Dengan adanya waduk ini, ketika musim penghujan warga tak lagi khawatir. Walau­pun hujan deras warga bisa tidur nyenyak. Dengan adanya waduk ini, diharapkan dapat mengurangi debit air di Tero­wongan Manunggal dan ber­pangkal di Manunggal. “Jadi fungsi waduk ini untuk parkir dulu air sampai air surut,” papar Sarpin di Waduk Ceger.

Sarpin juga berharap waduk yang saat ini sudah 80 persen pengerjaannya dapat dirapikan kembali. “Kita inginnya dibuat permanen dari anggaran SDA, dibuatkan turap dan kalau yang sekarang kita buatkan pintu air. Turap saluran air dan inlet dengan anggaran dari swadaya masyarakat. Kita berharap juga di seputaran waduk di­buatkan pagar pengaman,” pungkasnya. (suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.