Nadiem: Gap Pendidikan Berdampak pada Ketidakadilan

by -

METROPOLITAN – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ri­set dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, gap teknologi dalam dunia pendidikan semakin terlihat semasa pandemi Covid-19.

”Gap teknologi semakin ter­lihat selama pandemi. Gap teknologi ini sangat berdampak besar pada ketidakadilan pen­didikan,” katanya dalam aca­ra International Webinar By 7 SEAMEO Centres Indonesia di Jakarta, Senin (3/5).

Kesenjangan dalam literasi dan penguasaan teknologi, menurut dia, menjadi tantan­gan dalam pelaksanaan ke­giatan pembelajaran pada masa pandemi. Pandemi menuntut para guru untuk beradaptasi dengan tekno­logi dan berkreasi dalam me­nyampaikan materi pembe­lajaran kepada siswa dari jarak jauh.

”Inilah yang menjadi tantan­gan terbesar, yaitu kemam­puan dan kompetensi baru para guru, kemampuan dan keinginan mereka untuk mengadopsi teknologi,” kata­nya.

Di samping itu, Nadiem men­gatakan, pandemi menuntut penerapan kurikulum yang fleksibel dan fleksibilitas peng­gunaan dana pendidikan. ”Pandemi juga menunjukkan bagaimana fleksibilitas ang­garan untuk memberikan otonomi pada pendanaan di tingkat sekolah untuk mengam­bil langkah inovasi terkait kebutuhan sekolah,” katanya.

Baca Juga  Nadiem Minta Setiap Guru Bisa Bereksperimen

Terlepas dari tantangan itu, Nadiem mengatakan, pan­demi telah mendorong para guru untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan teknologi. ”Para guru dipaksa keluar dari zona nya­man mereka selama ini dan belajar platform baru, serta memahami kekuatan platform baru tersebut dalam membe­rikan pembelajaran,” katanya.

Menurutnya, pandemi juga meningkatkan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak. ”Selama ini kita tak pernah melihat orang tua membuka text book (buku teks) dan me­mahami kurikulum. Saya pikir ini adalah hal yang sangat positif di samping tingkat stres yang diakibatkan oleh pem­belajaran jarak jauh ini,” kata Nadiem.

Ia juga melihat bagaimana penggunaan teknologi memun­gkinkan guru, orang tua dan siswa berkolaborasi. (rep/yok/ py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *