Nambah Lagi, Kasus Positif Covid-19 di Perumahan Bogor Tembus 37 Orang

by -

METROPOLITAN.id – Penyebaran kasus positif Covid-19 di salah satu perumahan di Kota Bogor belum menunjukan angka penurunan. Teranyar, Wali Kota Bogor, Bima Arya mencatat ada tambahan dua kasus baru dari warga perumahan di wilayah Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tersebut.

“Sekitar 157 warga yang dilakukan tes PCR dan hari ini ada 37 dinyatakan positif itu dari 15 rumah yg berbeda,” kata Bima Arya kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Jumat (21/5).

Atas persoalan ini, Bima Arya menerjunkan seluruh jajarannya ke komplek perumahan tersebut. Hal ini dilakukan menyusul pihaknya melarang segala bentuk aktivitas di lokasi itu.

“Kita merunkan full tim disana, ada Dinkes, DLH, Disperindag, PD Pasar untuk logistik. Sterilisasi semuanya jadi semua dinas diturunkan disana sehingga komplek Griya Melati itu lockdown lah,” ucapnya.

“Artinya tidak boleh beraktivitas apapun, warga keluar masuk dibatasi hanya urusan darurat saja,” sambung Bima Arya.

Baca Juga  Sebulan Lebih Buron, Tersangka Korupsi Pilkada 2018 Baru Bisa Diringkus

Termasuk, dilanjutkan Bima Arya, untuk kegiatan ibadah salat Jumat di lokasi perumahan untuk saat ini dilaksanakan di kediaman masing-masing. Sebab, masjid yang ada di lokasi perumahan ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

“Tidak ada aktivitas, masjid ditutup, tidak ada aktivitas apapun disitu. Semua logistik di suplai, makanan bahan pokok, obat-obatan vitamin. Jadi warga gak boleh keluar rumah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Bima Arya optimis jumlah warga positif Covid-19 di perumahan itu tidak akan bertambah lagi. Sebab, hasil tes Covid-19 yang dilakukan kepada warga perumahan itu sudah keluar semuanya.

“Kecuali ketemu kontak erat yang lain. Saya kira udah semua itu dari 157 kontak erat itu tadi (hasil dari warga perumahan),” tandasnya.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kota Bogor memutuksan mengkarantina Perumahan Griya Melati Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Hal ini dilakukan menyusul penyebaran kasus virus Corona di perumahan itu terus bertambah. Hingga saat ini total ada 35 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga  Shawn Mendes Jalani Debut Di Industri Film

“Kami telah melakukan karantina wilayah skala mikro (di perumahan). Apa tujuannya, untuk membatasi interaksi antar warga di wilayah ini dengan pihak luar, sehingga 24 jam personel dari Satgas Covid akan mengawasi area ini termasuk warga yang akan keluar,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Menurut Kapolresta, semua aktivitas harus benar-benar diawasi di perumahan ini, karena sudah masuk kategori urgent. Untuk itu, pihaknya bersama Kodim dan 10 dinas pemerintah daerah turun langsung untuk melayani masyarakat di area ini.

“Kita berikan perlakuan secara khusus bagi warga disini sejak diberlakukan karantina wilayah ini,” ucapnya.

“Untuk Polres menerjukan empat personel khusus yang akan memberikan pelayanan disini. Jadi mereka tidak perlu ke kantor, ditugaskan hanya untuk melayani di area karantina terbatas ini,” sambung dia.

Dituturkan Kapolresta, sesuai treatmen dari karantina wilayah, segala bentuk kegiatan tidak diizinkan dilaksanakan lebih dari pukul 20:00 WIB. Untuk itu, dihimbau warga agar mematuhi keputusan yang sudah diambil Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Baca Juga  2022, Kota Bogor Pakai e-SPPT

Sementara itu, warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di perumahan Griya Melati mencapai sebanyak 35 orang. Hingga saat ini pula, sudah ada 158 warga yang dilakukan tes swab PCR dari hasil tracing dan testing yang telah dilakukan sebelumnya. Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat koordinasi dengan perangkat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor di Griya Melati, Kamis (20/5).

Kata Dedie, 3 dari 35 orang yang terkonfirmasi itu melakukan swab PCR secara mandiri. “Total 35 orang itu berasal dari 15 rumah yang berbeda. Kita beri atensi khusus, ini masuk sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Waktu itu pernah juga ada hal serupa di wilayah Semplak, hampir mirip seperti ini,” kata Dedie. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.