Pemudik Sepeda Motor Wajib Rapid Antigen di Bekasi

by -
Foto : radar Bekasi

METROPOLITAN – Men­ekan lonjakan kasus konfir­masi positif Covid-19 pasca-Idul Fitri 1442 H, ratusan pemudik sepeda motor dari arah Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur menjalani tes rapid antigen di pos penyekatan Kota Be­kasi, kemarin.

Mereka yang terjaring rata-rata pemudik yang hendak menuju Jakarta usai pulang kampung. Sedikitnya lebih dari 90 petugas gabungan disiagakan untuk menghalau pemudik sebelum melanjut­kan perjalanan. Ratusan pemudik sepeda motor yang hendak kembali menuju Ja­bodetabek terpaksa dihen­tikan petugas gabungan di pos penyekatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, kemarin.

Para pemudik dari berbagai daerah yang ada di Jawa Ba­rat, Jawa Tengah serta Jawa Timur ini harus menjalani tes antigen sebelum mela­njutkan perjalanan menuju Jabodetabek usai pulang kampung. Sejumlah pemudik yang baru tiba ini langsung menjalani tes swab antigen. Tes antigen dilakukan untuk memastikan kondisi keseha­tan para pemudik. Langkah tersebut guna menekan penye­baran Covid-19 yang saat ini masih berkembang.

Baca Juga  Harga Rapid Antigen Turun, Emang Boleh Mudik?

Jika hasil tes menunjukan positif, petugas akan mere­komendasikan pemudik ke ruang isolasi Pemerintah Kota Bekasi. ”Hasilnya ne­gatif, harapannya semoga hilang Covid-19,” ujar Kah­fi, pemudik asal Kebumen yang menuju Jakarta.

Dari ratusan pemudik yang menjalani tes antigen ini, petugas belum menemukan adanya pemudik yang reak­tif Covid-19. Hingga kini petugas gabungan dari ke­polisian dan TNI serta Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi masih melaku­kan penyekatan dan mela­kukan tes antigen terhadap para pemudik yang baru tiba menuju wilayah Jabo­detabek.

”Pemeriksaan masyarakat yang melintas, warga diindi­kasi tidak mempunyai surat kelengkapan jalan seperti rapid,” kata Kepala Pos Penye­katan Bulak Kapal, Iptu Setyo Budi. (okz/els/py)

Baca Juga  Cegah Covid Pasca Libur Lebaran, Ratusan Karyawan Tirta Pakuan Dites Rapid Antigen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *