Sembuh Covid, 16 Warga Perumahan Griya Melati Dipulangkan dari Tempat Isolasi

by -
Kepala Dinkes Kota Bogor, dr Sri Retno Nowo

METROPOLITAN.id – Jumlah pasien sembuh Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak, Kota Bogor terus bertambah. Teranyar, sebanyak 16 warga Perumahan Griya Melati sudah diizinkan pulang dari tempat isolasi BPKP Ciawi dan Rumah Sakit (RS) Karya Bhakti Pratiwi (KBP) Bogor.

“Secara keseluruhan sudah ada 17 pasien yang dinyatakan sembuh (hingga saat ini),” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno.

Menurut Retno, ke-16 warga Perumahan Griya Melati yang sembuh ini merupakan 15 pasien yang di karantina di Pusat Isolasi BPKP Ciawi dan satu pasien di rumah sakit Karya Bhakti Pratiwi (KBP) Bogor.

Meski sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing, diingatkan Kepala Dinkes, mereka tetap harus terlebih dahulu isolasi mandiri selama 5 hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga  Ranitidin Masih Beredar di Bogor

“Tapi ada 1 orang yang tidak bisa ikut pulang karena mendampingi suaminya. Hari ini juga ada 1 pasien sudah boleh pulang selesai isolasi di RS KBP. Selanjutnya mereka tetap melanjutkan karantina di rumah selama 5 hari,” ucapnya.

Pasien yang dipulangkan masing-masing, kata Retno, akan dilengkapi surat keterangan sembuh. Pasien yang pulang diterima oleh Satgas Covid-19 Kota Bogor, kemudian diberikan arahan untuk karantina di rumah selama 5 hari dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Selama 5 hari tersebut akan dilakukan pemantauan kesehatan oleh surveilans dan tim puskesmas,” imbuh Retno.

Disisi lain, Retno menyebut, kasus penularan Covid-19 di Perumahan Griya Melati masih terus terjadi. Di mana, ada penambahan satu kasus baru Covid-19, sehingga total ada 91 kasus di Perumahan Griya Melati.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Kota Bogor Minta Jarak Vaksin Kedua Dipercepat

Sementara untuk temuan satu kasus baru di Griya Melati terdeteksi dari data New all record. Pasien swab mandiri 25 Mei lalu di rumah sakit Pasutri, kemudian sampel dikirim ke laboratorium DNA Favorit yang hasilnya positif Covid-19.

“Awalnya pasien tersebut tidak melapor ke Satgas Covid-19 RW atau puskesmas. Tadi siang pasien sudah dihubungi dan di tracing,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar bahagia datang di tengah masifnya penyebaran kasus Covid-19 di Perumahan Griya Melati Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Seorang warga perumahan Griya Melati dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Hal tersebut diketahui saat Forkopimda Kota Bogor melakukan video conference dengan warga Perumahan Griya Melati di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (24/5).

Baca Juga  Turun Drastis, Keterisian Tempat Tidur Bagi Pasien Covid-19 di Bogor Sentuh 47,1 Persen

“Alhamdulillah satu orang sudah sembuh. Masih dalam klaster (perumahan) itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr Sri Nowo Retno, Senin (24/5).

Menurutnya, meski sudah dinyatakan negatif, saat ini yang bersangkutan tengah menjalani masa pemulihan di kediamannya. “Sekarang (perawatan) di Griya Melati,” ujarnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.