Tak Semeriah Malam Takbir, Mal di Bogor Sepi saat Lebaran Pertama

by -
SEPI: Kondisi Mal Botani Square Bogor terlihat sepi dari pengunjung, Kamis (13/5). Kehadiran pengunjung berbanding terbalik dengan kondisi malam takbiran pada Rabu (12/5) | Foto : Istimewa

METROPOLITAN – Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bogor masih sepi dari pengunjung di hari pertama Idul Fitri 1442 H atau Kamis (13/5). Jumlah itu berbanding terbalik dengan kondisi sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri pada Rabu (12/5) kemarin.

Humas Mal Botani Square, Winda Sihotang mengakui adanya penurunan pengunjung tepat di hari Lebaran. Ia menilai, hari pertama biasanya masih digunakan sebagian banyak orang untuk bersilaturahmi dengan kerabat di rumah.

“Pengunjung pada malam takbir Rabu kemarin cukup ramai. Hari ini memang kunjungan menurun, mungkin sebagian keluarga digunakan waktunya di rumah bukan di mal,” kata Winda.

Meski demikian, Winda memprediksi kunjungan mal akan naik pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5) besok. “Berkaca pada tahun sebelumnya, pengunjung akan ramai pada hari kedua hingga minggu besok,” ujarnya.

Baca Juga  Lebaran, Jalanan di Bogor Sepi

Sama halnya dengan Plaza Lippo Ekalokasari, kunjungan masih relatif sepi. Namun, terlihat ada beberapa pengunjung yang masih berbelanja di mal tersebut. “Ini masih ingin lihat-lihat pakaian untuk hadiah Lebaran,” kata warga Tajur, Linda (35).

Sementara itu, Marcomm Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Moh Taufan mengatakan, terkait protokol kesehatan (prokes) Plaza Ekalokasari sangat berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan para pengunjung.

“Untuk menjaga kenyamanan dan prokes kami membentuk tim Covid-19 Plaza Ekalokasi untukĀ  mengawasi prokes bagi pengunjung mal,” kata Taufan.

Hal serupa diterapkan Mall BTM Bogor. Jadwal operasionalnya juga tetap berlaku hingga pukul 21:00 Wib. Terlebih, mal yang berada di seputar jalur Sistem Satu Arah (SSA) itu kerap banjir kunjungan dari warga Kota Bogor.

Baca Juga  Liburan, Skuat PS TNI Wajib Jaga Kebugaran

Demikian juga beberapa cafe di sepanjang Jalan Ahamad Yani, Tanah Sareal, juga masih terpantau tutup di hari pertama Lebaran.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, memperbolehkan operasional tempat usaha mal, restauran, dan cafe buka selama Lebaran dengan pembatasan pengunjung dan ketentuan prokes.

“Untuk tempat usaha mal, restauran, dan cafe diperbolehkan buka dengan pembatasan dan ketentuan prokes,” kata Bima beberapa waktu lalu.

Bima pun menegaskan, bahwasannya Pemkot Bogor tidak mentolerir bila ada tempat usaha yang mengundang kerumunan dan Satgas Covid-19 akan menutup sementara mal yang terjadi kerumunan. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *