Wisatawan Puncak Dihalau Petugas

by -

METROPOLITAN – Jalur menuju kawasan Puncak, Bogor, mulai dari Exit Tol Gadog sempat mengalami kemacetan panjang, Rabu (26/5). Kemacetan itu dise­babkan adanya penyekatan atau pemeriksaan surat ha­sil tes Covid-19 bagi pengendara luar Bogor yang akan menuju kawasan Puncak.

Kendaraan sempat mengular dari exit tol hingga Simpang Gadog. Di Simpang Gadog, petugas gabungan dari TNI, Polres Bogor, Satpol PP, hingga Dishub Ka­bupaten Bogor bersiaga. Mereka memeriksa kendaraan yang menuju kawasan Puncak.

Satu per satu, petugas me­minta pengemudi dan penum­pang menunjukkan hasil tes Covid-19. Mereka yang tak dapat menunjukkan surat bebas Covid-19 tidak diper­kenankan melanjutkan per­jalanan dan diputar balik.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Satpol PP Kabupaten Bogor, Rhama Komara, tak menampik jika sempat ter­jadi kemacetan saat peme­riksaan kendaraan di Simpang Gadog.

Baca Juga  Aktivitas Santri Dibatasi

Menurutnya, pemeriksaan itu merupakan upaya pence­gahan penyebaran Covid-19. Puncak yang menjadi daya tarik wisatawan harus benar-benar menjadi perhatian agar mereka yang tak memiliki surat bebas Covid-19 tak da­tang untuk berwisata.

“Lebih baik macet di sini daripada yang tidak antigen lolos. Jadi keselamatan lebih penting. Kepadatan juga ka­rena memang libur jadi ba­nyak wisatawan,” kata Rhama, Rabu (26/5) siang.

Ia menyebut penyekatan atau pemeriksaan hasil tes Covid-19 bagi pengendara yang menu­ju Puncak itu merupakan ke­giatan rutin. Terlebih, di hari libur nasional. Ia menegaskan wisatawan yang akan menuju kawasan Puncak wajib meny­ertakan surat hasil tes Covid-19 berupa antigen atau PCR.

“Ini kegiatan rutin, penye­katan kendaraan yang tidak membawa surat antigen atau vaksin. Jadi masyarakat atau wisatawan dari luar Bogor yang mengarah Puncak harus punya surat antigen atau su­rat vaksin,” tegasnya.

Baca Juga  Dua Minggu, 4.007 Pelanggar

Pantauan Metropolitan, dua pengendara motor gede alias moge Harley Davidson melin­tas bersama rombongannya sekitar pukul 11:00 WIB. Saat itu di Simpang Gadog sedang ada penyekatan atau peme­riksaan hasil tes Covid-19 bagi pengendara dari luar Bogor. Saat melintas, rom­bongan moge itu juga dihalau petugas. Beberapa di antara­nya dipersilakan melanjutkan perjalanan, namun ada dua pengendara yang diminta menepi terlebih dulu karena tak mengenakan masker.

Petugas Satpol PP dan TNI lalu menghampiri keduanya. Pengendara tersebut dimin­ta memakai masker sesuai protokol kesehatan. Menda­pat teguran tersebut, dua pengendara moge itu langsung manut. Mereka mengenakan masker, kemudian melanjut­kan perjalanan.

“Kita juga memberhentikam rombongan Harley Davidson. Ada dua yang diberhentikan karena tidak memakai masker. Antigen-nya ada,” ujar Rhama.

Baca Juga  Wisatawan Timur Tengah Sepi, Pelaku Usaha Puncak Menjerit

Ia menyebut rombongan moge itu hendak menuju Puncak. “Maskernya ada, cuma nggak dipakai. Antigen ada,” tandasnya. (fin/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *