Asik, Bayar Pajak hingga Bikin SKCK Kini Bisa Sambil Jalan-jalan di AEON Mall

by -

METROPOLITAN.id – Kabar gembira untuk warga Kabupaten Bogor, khususnya yang tinggal di wilayah Sentul dan sekitarnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kini membuka Gerai Pelayanan Publik (GPP) atau Mall Pelayanan Publik (MPP) di AEON Mall Sentul, Babakanmadang.

Gerai Pelayanan Publik ini dibuka langsung Bupati Bogor Ade Yasin, Kamis (3/6). Ada sembilan pelayanan yang saat ini tersedia. Pertama pelayanan SKCK. Kedua, informasi pertanahan, pendaftaran peralihan hak, perubahan hak dan validasi bidang tanah mandiri. Ketiga pelayanan paspor. Keempat pelayanan PDAM. Kelima pelayanan pajak, keenam konsultasi pengaduan DPMPTSP, ketujuh layanan Anjungan Dukcapil Mandiri, kedelapan layanan PBB, dan layanan pajak tahunan kendaraan bermotor,

Pembukaan Gerai Pelayanan Publik ini juga dihadiri Wakil Ketua KPK Alex Marwata, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin, Kepala DPMPTSP Dace Supriadi dan lainnya.

Baca Juga  Raup Cuan Lewat Budidaya Nila Merah dengan Bioflok di Bogor, Begini Caranya

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, pembukaan Gerai Pelayanan Publik ini bertujuan mendekatkan dan memudahkan aksesibilitas pelayanan kepada masyarakat serta menciptakan pelayanan publik yang prima.

Selain itu, GPP diharapkan dapat menghilangkan stigma pelayanan publik yang berbelit-belit.

“Di bukanya Gerai Pelayanan Publik ini sesuai yang diharapkan masyarakat. Selain memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga ingin menghadirkan pelayanan dengan hati, karena baik tidaknya wajah pemerintahan itu bisa dilihat dari pelayanan,” ujar Bupati Bogor Ade Yasin.

Tak hanya itu, karena berada di mal, masyarakat yang ingin mengurus keperluan yang layanannya sudah tersedia tersebut bisa sambil berjalan-jalan atau berbelanja.

“Kenapa kita memilih Gerai Pelayanan Publik di mal selain karena memudahkan pelayanan kepada masyarakat, juga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan investasi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor di tengah pandemi Covid-19,” terangnya.

Baca Juga  20 Penerjun Payung Hiasi Langit Bogor

Menurut Ade Yasin, selain membuka Gerai Pelayanan Publik dirinya juga membangun sejumlah kantor pelayanan publik di beberapa wilayah Kabupaten Bogor. Di antaranya, 7 UPT Disdukcapil dan satu kantor cabang Badan Pertanahan Nasional (BPN) di wilayah Cileungsi.

Ade Yasin juga berencana menambah satu kantor cabang BPN di wilayah Kecamatan Cigudeg. Keinginan ini tak lain untuk medekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di wilayah Barat Kabupaten Bogor.

“Alangkah sulitnya masyarakat urus perizinan jika hanya terpusat di Cibinong, sehingga kami berupaya membangun kantor-kantor cabang pelayanan publik, termasuk Gerai Pelayanan Publik ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dan menciptakan pelayanan yang sehat,” ungkap Ade Yasin.

Ade Yasin juga berupaya menjadikan Kabupaten Bogor sebagai zona integritas dengan memberikan pelayanan masyarakat yang mudah, cepat, efisien tanpa berbelit-belit. Bahkan terkait perizinan dan beberapa pelayanan publik lainnya, ia delegasikan kepada kepala dinas terkait sesuai tugas fungsinya masing-masing.

Baca Juga  Staf KPU hanya Dicurigai

“Tidak harus langsung ke Bupati, tapi sudah saya delegasikan kepada para Kadis (kepala dinas) di masing-masing perangkat daerah terkait,” tandasnya. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.