Asyik! Bulan Depan 563 Huntap Siap Diisi

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam waktu dekat akan melakukan serah terima kunci Hunian Tetap (Huntap) kepada korban longsor dan banjir pada 2020 di Desa Sukaraksa Kecamatan Cigudeg dan Desa Urug Kecamatan Sukanaya.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Irma Lestiana mengatakan, pembangunan fisik 205 huntap di Desa Sukaraksa hampir selesai semua. Saat ini kontraktor tengah memasang jaringan listik kepada rumah-rumah tersebut.

“Kalau sambungan listriknya sudah masuk kita harapkan bisa serah terima kunci ke masyarakat, nanti apakah akan simbolis langsung dari pemilik pusat kepada ibu Bupati, nanti kita coba akan konfirmasi dulu ke pemerintah pusat,” kata Irma kepada Metropolitan, Selasa (15/6).

Baca Juga  Jabar Ngutang Duit ke PT MSI, Kabupaten Bogor Kebagian Jatah Rp60 Miliar

Sedangkan untuk di Desa Urug Kecamatan Sukajaya yang ditargetkan selesai Juli mendatang dengan jumlah huntap 358 unit jadi totalnya 563 dengan yang di Desa Sukarasa yakni 205 unit.

Irma juga membenarkan jika jumlah huntap tersebut masih kurang dari kebutuhan. Lantaran jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana mencapai hampir 2000 ribu KK.

“Memang masih kurang, tapi kan kami terus berusaha untuk melakukan pembangunan Huntap secara bertahap,” ujarnya.

Ia juga memastikan jika warga di Desa Sukaraksa dam Desa Cigudeg telah membuat pernyataan dalam bentuk surat untuk bersedia direlokasi. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi warga tinggal dilokasi yang rawan bencana.

Baca Juga  Alhamdulillah, Sudah 7016 Warga Bogor Sembuh dari Covid

Selain di Desa Sukaraksa dan Desa Urug, Irma juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah konsen kepada pembangunan huntap di Desa Cigudeg yang saat ini dalam persiapan, karena pihaknya tengah membangun DED terlebih dahulu lalu lineclearing.

“Nah itu, mudah-mudahan nanti bantuan keuangan daei Provinsi bisa di usulkan untuk membangun 250 unit jugadan bertahap juga,” paparnya.

Sebelumnya, pembangunan huntap para korban bencana longsor di Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, belum memaksimal. Faktor cuaca yang tidak menentu membuat pengerjaan perumahan Huntap menjadi terhambat. (cr1/mam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *